Integrasi Pendidikan Karakter dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.82Keywords:
Pendidikan Pancasila, Integrasi, Pendidikan KarakterAbstract
Pembahasan mengenai karakter merupakan hal penting dan mendasar. Baik atau buruknya karakter seseorang tercermin dalam sikap/tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Melihat situasi di negara kita saat ini yang nampak pada buruknya tingkah laku warga negara, dari pemberitaan yang ada di berbagai media massa. Hampir setiap hari memberitakan tentang kejahatan yang dilakukan, baik itu kejahatan biasa maupun kejahatan yang luar biasa sebenarnya sudah sangat sulit untuk ditoleransi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus sedangkan teknilk pegumpulan datayaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden adalah dosen Pendidikan Pancasila yaitu 2 orang. Pada penelitian ini, juga mencoba mengamati hambatan-hambatan yang dihadapi oleh dosen dalam mengintegrasikan konsep pendidikan karakter dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Integrasi pendidikan karakter dalam matakuliah Pancasila. Hal merupakan solusi yang dapat membangkitkan kembali peranPancasila sebagai mata kuliah yang merupakan leading sector dalam pengembangan karakter mahasiswa.
Downloads
References
A. Ubaedillah dan Abdul Rozak. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Abuddin Nata. (2012). Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Kencana.
Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir. (2012). Filsafat Pendidikan Islami :Integrasi Jasmani, Rohan, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.
Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter Di Sekolah (Membangun Karakter Dan Kepribadian Anak). Bandung: Yrama Widya.
Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum,Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Budimansyah, D. (2012). Dimensi-Dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
Budiningsih Asri. (2013). Pembelajaran Moral, (Jakarta: PT. Renika Cipta, 2013),
Cholisin. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran Pkn. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Darmayati Zuchadi. (2008). Humanisasi Pendidikan : Menentukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta : Bumi Aksara.
Deddy Yusuf Yudhyarta. (2017). Pentingnya Pendidikan Kewarga negaraan Di Perguruan Tinggi, Pekanbaru : UR Press.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Elly M. Setiadi. (2005). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.
Franz Magnis Suseno. (1987). Etik Dasar : Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta : Kanisius.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.
H.B. Siswanto. (2011). Pengantar Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara.
Hasan Basri. (2009). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : PT. Pustaka Setia.
Inge Hutagalung. (2007). Pengembangan Kepribadian Tinjuan Praktis Menuju Pribadi Positif, Jakarta : PT. Macan Jaya Cemerlang.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual (konsep dan aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.
Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Mulyasa. 2013. Manajemen PendidikanKarakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Syamsu Yusuf. (2009). Psiklogi Perkembagan Anak dan Remaja,Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License