Pengaruh Sertifikasi terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.64Keywords:
Sertifikasi, Kedisiplinan MengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru dan apakah ada Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.
Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dilakukan dengan teknik statistik uji korelasi pearson product moment.
Dari hasil data diperoleh hasil bahwa berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5 % diperoleh ttabel = 1,943. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau thitung: 12 ≥ tabel: 1,943, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada Pengaruh yang signifikan antara Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.
Downloads
References
Anas Sudijono, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995, Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati, Mudjiono, 2000, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dirjen Dikdasmen, 1996, Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.
Emzir, 2010, Metodologi Penelitian Pandidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.
Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Ciputat: Quantum Teaching.
J.B. Situmorang, Winarno, 2008, Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Joko Subagyo, 2006, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Kusnadi, 2011, Profesi dan Etika Keguruan, Pekan Baru: Yayasan Pustaka Riau.
Masnur Muslich, 2007, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Martinis Yamin, Maisah, 2010, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.
Moh. Uzer Usman, 2004, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E, 2009, Standar kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurul Zuriah, 2006, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Oemar Hamalik, 2004, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Edisi ketiga, Kamus Besar Indonesia, 2002, Jakarta: Balai Pustaka,
Riduan, 2005, Belajar Mudah Penelitian, Bandung: Alfabeta.
SardimanAm, 2001, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Subana, Moersetyo Rahardi, Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
S. Margono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa, Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1995, Jakarta: PT Balai Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License