Pendidik Millenial di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.118Keywords:
Pendidik, Era GlobalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kondisi objektif pendidikan millenial di era globalisasi, (2) untuk mendeskripsikan peran pendidik millennial di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kemudian metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research (studi pustaka). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) era globalisasi membuat perubahan budaya dalam pendidikan di mana peserta didik dapat dengan cepat mengakses informasi, menjadikan pendidik bukan lagi satu-satunya orang yang paling well-informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan, (2) seorang pendidik untuk melaksanakan perannya dalam pembelajaran di era globalisasi harus berbasis learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together
Downloads
References
Hifza. (2010). Pendidik dan Kepribadiannya dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: iTesisi Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ma’arif, S. (2005). Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Jogjakarta: Logung Pustaka.
Maragustam. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sunan Kalijaga.
Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Mujib, A. (2008 ). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nashori, F. (1994). Membangun Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: SIPRESS.
Nizar, R. d. (2010). Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Parkay, F. W. (2011). Menjadi Seorang Guru Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Poerwadarminta, W. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Saroni, M. (2011). Saroni, Muhammad, Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siswoyo, D. d. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Salatiga: Ar-Ruzz.
Tafsir, A. (2002 ). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wangid, M., Mustadi, A., Erviana, V., & Arifin, S. 2014. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Diy. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 176. doi:http://dx.doi.org/10.21831/ jpe.v2i2.2717.
Zuhdi, Ahmad. 2004. Profil Guru dalam Pendidikan Islam Menurut K.H. Hasyim Asy’ari, (Telaah Kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Yogyakarta: Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License