Konsep Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 213

Authors

  • Shalahudin Ismail UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mamun Zahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eri Hadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.123

Keywords:

Konsep, Pendidikan, Multikultural

Abstract

Al-Qur’an sebagai petunjuk yang universal berisi pedoman dan pokok-pokok peraturan yang sangat dibutuhkan manusia untuk mengatur kehidupannya, baik yang berhubungan dengan keimanan, maupun peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia baik secara personal maupun komunal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai konsep pendidikan multikultural yang terdapat dalam al-Qur’an surah al-Baqoroh ayat 213. Adapun metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta dengan pendekatan tafsir maudhu‟i (tematik). Dari sekian banyak petunjuk yang terdapat dalam al-Qur’an, terdapat dalam surah al-Baqoroh ayat 213 yang berisi nilai-nilai pendidikan multikulturan antara lain; mau belajar dalam perbedaan, kebebasan dalam berpendapat, serta memiliki sifat saling menghargai dan menghormati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Fida Ismail Ibnu Katsir. (2004). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir, Vol. 17, ter. Bahrun Abu Bakar. Sinar Baru Algensindo.

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1), 28–45. https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075

Anan, A. (2016). Multikulturan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Murabbi, 1(2), 273–298.

Asykar Nurul Hidayah. (n.d.). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1–24.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Desain Pengembangan Pendidikan Multikultural di Sekolah. July. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35536.00004

Fajarini, U. (2014). Potret Konflik Keagamaan masyarakat Tanggerang Banten dan Resolusi Konflik Berbasis Multikulturalisme dalam Islam. Jurnal Al-Tahrir, 14(2), 343–361.

Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar (III). Pustaka Nasional.

http://duniahadis.blogspot.com/2012/04/ayat-ayat-multikulturalisme-pesan-al.html?m=1. (2012). Dunia Hadist:Ayat-Ayat Multikulturalisme, Pesan Al-Qur’an dalam Kedamaian.

Https://tafsirweb.com/839-quran-surat-al-baqarah-ayat-213.html. (2020). No Title.

Ibrahim, R., Nahdlatul, U., Unu, U., & Tengah, J. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, 7(1), 129–154.

In’amuzzahidin, M. (2017). Konsep Kebebasan Dalam Islam. At-Taqaddum, 7(2), 259. https://doi.org/10.21580/at.v7i2.1206

M. Quraish Shihab. (2005a). Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an). Lentera Hati.

M. Quraish Shihab. (2005b). Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an) (Keempat Ju). Penerbit Lentera Hati.

Mohammad Mustari. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Muhammad Husain al-Thabathaba’i. (1972). Al-Mizan Fi Tafsir Al-Quran, Juz XIV. Dar al- ‘Ilmiyah.

Muhammad Rasyid Ridha. (n.d.). Tafsīr al-Manār, Jilid XII. Dār al-Fikr.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, R. (2019). Multikulturalisme dalam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Al-Asas, 11(2), 1–23.

Nurmalia. (2020). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Qur’an. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(1), 209–234.

Purwaningsih, E. (2016). Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1699–1715. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156

Rois, A. (2013). Pendidikan Islam Multikultural Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah. Jurnal Episteme, 8(2), 302–322.

Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200

Silvia Tabah Hati. (2008). Upaya Meningkatkan Kesadaran Multikultural. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sirajun Nasihin. (2017). Pendidikan Multikultural (Problem dan Solusinya) dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(1), 162–177.

Syamsir. (2015). Demokratisasi Hak Berpikir, Berkreasi Warga Negara Indonesia. Jurnal Inovatif, VIII(1), 115–133.

Unwanullah, A. (2013). Tranformasi Pendidikan untuk Mengatasi Konflik Masyarakat dalam Perspektif Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 45–57. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1050

Waskito, T., & Rohman, M. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL-QURAN. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(02), 29–43.

Downloads

Published

2020-09-07

How to Cite

Ismail, S., Zahrudin, M., Ruswandi, U., & Hadiana, E. (2020). Konsep Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 213. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 298–309. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.123

Most read articles by the same author(s)