Pengaruh Pendidikan Moral Terhadap Prilaku Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.79Keywords:
Pendidikan Moral, Prilaku Siswa, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan moral terhadap prilaku siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MIN 1 Indragiri Hilir.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri HILir. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Prilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi berjumlah 250 orang, yang menggunakan sampel berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa penelitian ini peneliti menggunakan rumus teknik regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini adalah Fhitung Ftabel(21,30 3,98). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan moral terhadap prilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Indragiri Hilir.Pendidikan moral kepada siswa agar memiliki prilaku yang baik.
Downloads
References
A. Ubaedillah dan Abdul Rozak, 2013, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Abuddin Nata, 2012, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.
Agus Suprijono, 2012, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir, 2012, Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohan, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Anas Sudjiono, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
B. Suryosubroto, 2004, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bimo Walgito, 2010, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Burhanuddin Salam, 2000, Etika Individual: Pola Dasar Filsafat Moral, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
C. Asri Budiningsih, 2013, Pembelajaran Moral, Jakarta: PT. Renika Cipta.
Darmayati Zuchadi, 2008, Humanisasi Pendidikan: Menentukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, 1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.
Deddy Yusuf Yudhyarta, 2013, Pendidikan Pancasila, Tembilahan: Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin Sekolah Tinggi Agama Islam.
___________________________, 2017, Pentingnya Pendidikan Kewarga negaraan Di Perguruan Tinggi, Pekanbaru: UR Press.
Desmita, 2012, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Edi Soegioto dan D. Yuliana Hurani, 2003, Kemampuan Dasar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Elly M. Setiadi, 2005, Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Franz Magnis Suseno, 1987, Etik Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius.
Hasan Basri, 2009, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Pustaka Setia.
H.B. Siswanto, 2011, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Inge Hutagalung, 2007, Pengembangan Kepribadian Tinjuan Praktis Menuju Pribadi Positif, Jakarta: PT. Macan Jaya Cemerlang.
Jalaluddin, 2002, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Oemar Hamalik, 2011, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan, 2011, Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syamsu Yusuf, 2009, Psiklogi Perkembagan Anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Wahyu MS dan Muhammad MS, 2000, Petunjuk Praktis Membuat Skripsi, Surabaya: Usaha Nasional.
Wiwit Wahyuning, 2003, Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak, Jakarta: Gramedia.
Wisnu Giyono dan Tarto Sentono, Jurnal Penelitian Vol. 10 Pelaksanaan Pendidikan Moral di Sekolah Dasar Kota Yogyakarta, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License