Penerapan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.167Keywords:
Penerapan, Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung. Dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan guru dalam pengelolaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di madrasah aliyah nurul islam belantaraya kecamatan gaung. Penelitian ini Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang berjumlah 1 guru dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan persentase. Berdasarkan pembahasan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa Penerapan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung mencapai angka persentase 79,73% dan dapat di kategorikan “baik“ karena berada pada interval 61%-80%. Hal tersebut di pengaruhi beberapa faktor, yaitu Guru kadang-kadang Memperbaiki soal yang tidak valid di karenakan kuranganya buku. Sebagian besar guru melakukan evaluasi hasil tindak lanjut.
Downloads
References
Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Athoillah, A. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamid, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Hamidi, L. (2010). Antara Realitas Politik dan Implementasi Hukumnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jakni. (2014). Pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Kiyosaki, L. (2005). Rich Dad's Who Took My Money. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Makin, B. d. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.
Muliawan, J. u. (2005). Pendidikan Islam Itegratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasuntion, S. d. (1987)). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teching.
Naway, F. A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: I deas Publishing.
Purwanto, N. (2008). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung.
Riduwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Sadirman. (2011 ). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saifuddin. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis. Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia: Cv Budi Utama.
Sarwono, A. H. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Sumarsono. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Syafaruddin. (2005). Menejemen Pembelajaran. Pisangan: Quantum Teaching.
Tukiran Taniredja, d. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Yeti Heryati, d. d. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. (Bandung: Pustaka Setia.
Yudhyarta, D. Y. (2015). Korelasi Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Karakter Bangsa. Mitra PGMI , 1 (1), 113-115. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.36
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License