Pengaruh Pengetahuan Pendidikan Karakter terhadap Etiket Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.56Keywords:
Pengetahuan, Pendidikan Karakter, EtiketAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pendidikan karakter siswa (2) Mengetahui Etiket siswa (3) Mengetahui Pengaruhpendidikan karakter terhadap Etiket siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Regresi. Penelitian Regresi untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar satu variabel dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas IV dan V. Sampel diambil sebanyak 33orang dengan menggunakan sampel jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus Regresi Sederhana.
Hasil analisa data angket dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan karakter siswa dengan kategori “cukup baik” dan persentase akhir 60,37%. (2) Etiket siswa dengan kategori “cukup baik” dan persentase akhir 60,75%. (3) Ada pengaruh signifikanantara Pengetahuann Pendidikan karakter terhadap Etiket siswa dengan F hitung = 71,78 ≥ Ftabel = 4,17.
Downloads
References
Abdullah dan Safarina. 2016. Etika Pendidikan Keluarga sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alfian.1980. Politik, Kekulturan dan Manusia Indonesia. Jakarta: LP3S.
Al-Qur’an Terjemah Surat At Tin Ayat 4 dan 5
Alya, Onita. 2011. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indah Jaya Adi Pratama.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bagus, Lorens. 2000. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia.
Barnawi, M. Arifin. 2016. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: ALFABETA.
Hadi El-Sutha, Saiful. 2015. Pintar Mendidik Anak Ala Rasulullah (Tuntunan Mendapatkan Anak Shaleh/Shalehah Dari Fase Pra Hamil Hingga Usia Remaja). Jakarta: Radar Jaya Offset.
Hajar Al-Asqalani, Ibnu. 2006. Ringkasan Targhib wa Tarhib. (Jakarta: Pustaka Azzam.
Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta.
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Istijianto M.M. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: Cordoba Internasional Indonesia.
Kesuma, Dharma, Cepi Triana, dan Johar Permana. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khan, D. Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Kuncoro, Mudrajad.2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) STIM YKPN.
Mahbubi, M. 2012. Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasil Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia heritage Foundation.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukkan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Poerwadarminta. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmaniyah, Istighfatur. 2010. Pendidikan Etika. Malang: UIN Maliki Press.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Salahudin, Anas dan Irwan Alkrieniehie. 2013. Pendidikan Karakter; Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.
Samani, Muchlas & Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
semiawan, Conny dan dkk. 1987. Tata krama Pergaulan. Jakarta: Balai Pustaka.
Shihab, M Quraish. 2016. Yang Hilang Dari Kita Ahlak. Tanggerang: Lentera Hati.
Sugiono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharti. 2004. Pendidikan Sopan Santun Dan Kaitannya Dengan Perilaku Berbahasa Jawa Mahasiswa. Yogyakarta: DIKSI.
Syafaruddin. Tim Editor Bahan Ajar PLPG Pendidikan Agama Islam. Medan: FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Paradigma Baru Pendidikan Pancasila Untuk Mahasiswa. Bandung: ALFABETA.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyadi. 2010. Membina Akidah Akhlak. Solo: PT Tiga Serangkai.
Zaenul Fitri, Agus. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Zuriah. 2008. Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License