Pelaksanaan Pembelajaran Konstrutivistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.89Keywords:
Kontrutivistik, Pembelajaran, FaktorAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P=F/N x 100%.
Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan, mencapai angka 59,03% dan dikategorikan cukup baik, karena angka 59,03% terletak pada interval 41%-60%. Adapun faktor-faktor yang mendukung adalah sebagai berikut: Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan. Guru sudah menjelaskan tugas yang harus dilakukan siswa disertai contoh. Guru menyuruh siswa mengajukan dan menjawab pertanyaan. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran. Guru telah melakukan evaluasi diakhir pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah. (2001). Kemandirian Dalam Belajar. Bandung: Prospect.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agus Dariyo. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Anas Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Antonius Gea. (2002). Relasi Dengan Diri Sendiri. Jakarta: Gramedia.
Benny A. Pribadi (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Burhan Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Chabib Thoha. (2006). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Danang Kahmad. (2000). Metodologi Penelitian Agama. Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Haris Mujiman. (2005). Belajar Mandiri. Bandung: Rosdakarya.
Hasan Basri. (2000). Remaja Berkualitas; Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendra Surya. (2003). Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Gramedia.
Ibrahim, dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
I Wayan Santyasa. (2004). Model Problem Solving dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Perpect.
Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
M. Sobry Sutikno. (2009). Belajar dan Pembelajaran; Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prspect.
Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Prawiladiga. (2002). Prinsip-Prinsip Pembelajaran. (Jakarta: Penerbit Kencana.
Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
_______. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Singgih D. Gunarsa. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Pustaka Setia.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofan Amri. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Reality. (2008). Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.
Udin Syaefudin Sa’ud. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hamzah. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License