Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.90Keywords:
Metode Belajar, Hasil Belajar, ScrumbleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan metode scramble dengan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir. Manfaat penelitian ini adalah Sebagai bahan informasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan metode mengajar guru dengan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran dan Siswa kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilan Hilir. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengunaan metode scramble. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi, teknik analisa data dengan rumus uji t.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% t,-ttabel ≤ thitung,atau -1,994 ≤ -60,64. Dengan kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan metode scramble terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV, V,VI di Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir.
Downloads
References
Ahmad, Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013, Cet ke-1
Ahmad, Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Burhan, Bungin, Metodolgi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group: 2010
Cholid, Narbuto dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Desy Anwar, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia, 2005
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008
Etin, Solihatin, COOPERATIVE LEARNING Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, cet ke-3
Fatih, Arifah dan Yustisianisa, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012
H.M. Musfiqon, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustakaraya: 2012
Hamzah, Dkk, Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013
Hanafi, M, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Islam RI, 2009
Heri, Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005, Cet. ke-1
Husaini, Usman, dkk. Pengantar Statistika (Jakarta: Bumi Aksara, 2006, ed. Kedua, cet ke-1
Husein, Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Imas Kurniasih, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Jakarta: Kata Pena, 2015, cet ke-2
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2004, cet ke-3
M. Hanafi, Pembelajaran SKI di MI, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010
Moh. Rafa’i, 300 hadits Bekal Da’wah dan Pembinaan Probadi Muslim, Semarang: Wicaksana, 1980
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2012, cet ke-12
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Sanapiah Faisal, Format-Format Penelitian, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007
Soeparno, Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: PT. Intan Pariwara, 1988
Sofan, Amri, Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, Jakarta: Pesta Sipustaka Karya, 2010
Suharsimi Arikunto dan Muchtarom, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Suharsimi Arikunto, dkk. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2012, cet.1 ed. revisi
Sukadi, Metodologi penellitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Zainal, Arsil, Micro Teaching, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012, Cet ke-4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License