Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.168Keywords:
Profil, Guru, IdealAbstract
Profil Guru yang ideal adalah sosok sesorang yang menunjukkan kemampuan dalam melaksanakan tugas nya sesuai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosian dan kompetensi kepribadian. Tugas dan fungsi guru mengajar, mendidik, membina, kemampuan memberi bimbingan terhadap orang lain seperti siswa, dan mampu memberi suri tauladan kepada siswa, orangtua siswa dan masyarakat. Penelitian ini dianalisa dan dideskripsikan dengan pola fikir induktif ke deduktif. Selanjutnya data kualitatif akan diubah ke dalam angka dengan cara mempresentasekannya sesuai dengan frekuensi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria tinggi, sedang atau rendah profil guru ideal dalam perspektif siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Indragiri hilir Propinsi Riau dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa di batasi hanya di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kecamatan Keritang kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisa data yang peneliti peroleh melalui rekapitulasi angket, diperoleh hasil bahwa Profil guru ideal Dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kecamatan Keritang kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 85,84 % yaitu terletak pada interval 81-100%.
Downloads
References
Atmodiwirio, 1990. Manajemen Pendidikan Di Indonesia, Jakarsta:Ardadirya Jaya.
Az-Zarnuji Syaikh, 2009. Terjemah Ta’lim Muta’allim, Surabaya: Mutiara Ilmu.
Dapartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas, 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tentang Standar Isi, Nomor 23 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Pereturan Mendiknas Nomor 22 dan 23. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen.
Depdikbud, 1984. Peningkatan Profesi Mengajar. Malang:PPGP IPS dan PMP.
Dr. RJ. Kizlik, 2011, “Tips on Becoming A Teacher. Diunduh http://www.adiprima.com/tipson..ht” . 10 Januari 2010.
DR. E. Mulyasa, 2007. M.Pd., Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faisal Sanapiah, 2007. Format-format Penelitan Sosial, Dasar-dasar dan Aplikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hasan, Ahmad Makki, 2009. Ciri Guru Ideal Era Globalisasi dalam Pendidikan Karakter Di Zaman Keblinger (Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Grasindo.
Hariwung, 1989. Supervisi Pendidikan, Jakarta, Dep. P dan K.
Nawawi Handari, 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung.
Nur Uhbiyati, 1997. Dra. Hj. dan Abu Ahmadi, Drs.H. Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Riduwan, 2011. Belajar Mudah Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Sahertian, 1992. Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.
Saebani, Beni Ahmad & Kandar Nurjaman, 2013. Manajemen Penelitian, Bandung : Pustaka Setia.
Sujdijono Anas, 2008. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Soewondo,DRS, MS, MM, Msi, Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama.
Sumiati, 2008. Dra dan Asra, M.Ed, Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.
Uzer Usman, 2000. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: PT. Kloang Klede Putra Timur bekerjasama dengan Koperasi Primer Praja Mukti I Depdagri.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: bp.Pustaka Candra.
Wahid, Darmuin dan Abdul, 2008. Profesionalisme Guru dan Tuntutan Modernitas. Semarang: Need’s Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License