Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Kreativitas Mengajar Guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.57Keywords:
Media, Power Point, KreativitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran impiris tentang penggunaan media powerpoint dan pengaruhnya terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengkaji tentang penggunaan media powerpoint dan pengaruhnya terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan.
Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru PAI SMK Negeri 1 Tembilahan, Objeknya yaitu pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan, diperoleh = 0,50 0 bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan media powerpoint terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan.
Downloads
References
Abuddin Nata, 2009, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.
Ahmad Susanto, 2013, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.
Anas Sudijono, 1996, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anas Sudijono, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Azhar Arsyad, 2009, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Budi Permana, 2005, 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Office PowerPoint 2003, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Burhan Bungin, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group.
Daryanto, 2012, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
Deni Darmawan, 2012, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990, Kamus Besar Indonesia Cet., Ke-3, Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Iqbal Hasan, 2009, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
M. Musfiqon dan Andiek Widodo, 2015, Desain Presentasi Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Made Wena, 2011, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin, dkk, 2012, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah, 2004, Psikologi Belajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Musfiqon, 2012, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustakawan.
Pengertian dan Sejarah Microsoft Power Point, diakses dari https://irwanadigunawan4.wordpress.com/2013 /10/31/pengertian-dan-sejarah-microsoftpowerpoint /dalam www.google.com, pada hari Minggu, 8 Januari 2016, pukul 17.36 WIB
Riduwan, 2011, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alpabeta.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana, 2008, Media Pembelajaran, Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima.
Sharon E. Smaldino, dkk, 2011, Instructional Teachnology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto, 2010, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syaiful Djamarah dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License