Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.55Keywords:
Peran Guru, Disiplin, Pelanggaran, SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Tembilahan Kota, dan Apa yang harus dilakukan guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru waka kesiswaan dan guru bimbingan konseling (BK) di SMKN 02 Tembilahan Kota yang berjumlah 13 orang, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menangani kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota, dapat penulis simpulkan “baik” dengan persentase 72,43% interval berkisar antara 61%-80%. Adapun usaha yang dilakukan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa yaitumenumbuhkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang disiplin, memberikan bimbingan atau penyuluhan, dan Guru dan siswa harus bekerjasama dalam menegakkan kedisiplinan sekolah.
Downloads
References
Abdul Majid, (2006), Prencanaan pembelajaran, Jakarta: Rosda Karya
Abin Syamsudin Makmun, (2012), Psikologi Kependidikan, Bandung: PT Rosdakarya
Abudin Nata, (1996), Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Logos
Ahmad Rohani, (2004), Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Amirul Hadi dan Hayono, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005
Aprilia Kumala dan F. Arundaya, (2010), Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Ikhtiar
Awaluddin Tjala, 2004, 10 Kesalahan Orang Tua dan Guru dalam Mendidik dan solusinya, Bogor: Aan-Najah Press
Departemen Agama RI, (2005), Al-qur’an dan terjemahannya, Bandung: CV. Penerbit J-Art
Didi Supriadie dan Deni Darmawan, (2012), Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Eka Prihatin, 2011, Manajemen Peserta Didik, (Bandung: Alfabeta
Hasbullah, (2008), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Imam Wahyudi, 2012, Mengejar Profesionalisme Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka
Mahfan, (2005), Kamus lengkap Bahasa Indonesia Sastra Indonesia, Jakarta: Sandra Jaya
Muhammad Nurdin, (2010), Kiat Menjadi Guru Profesional, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
E. Mulyasa, (2013), Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara
Novan Ardy Wiyani, (2013), Manajemen KelasTeori dan Aplikasi Untuk Menciftakan Kelas Yang Kondusif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Oemar Hamalik, (2011), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik, (2011), Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Suntikno, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rafika Aditama
Riduwan, (2011), Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2011
Sudarwan Danim dan Khairil, (2010), Proofesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta
Sugiono, (2010), Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suharsimi, A. (1992). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License