Peranan Perpustakaan Harun Al-Rasyid dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan

Authors

  • Siti Aysyah STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.88

Keywords:

Perpustakaan, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Perpustakaan Harun Al-Rasyid dalam meningkatkan motivasi belajar Mahasiswa di sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptip Kualitatif. Subjek penelitian yaitu pustakawan dan Mahasiswa PAI Tahun ajaran 2019-2020 semester III, V, VII berjumlah 368 Mahasiswa, dengan jumlah sampel 79 mahasiswa yang diambil dengan teknik Random Sampling. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Wawancara dan Dokumentasi serta teknik analisis data diukur dengan persentase.

Hasil penelelitian dari Peranan Perpustakaan Harun Al-Rasyid dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan persentase 72,81% tergolong “BAIK” berdasarkan kategori interval persentase 61-80%. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah :Perpustakaan dijadikan sebagai sumber informasi, perpustakaan sebagai media yang berfungsi mengembangkan ilmu pengetahuan, untuk mencari tugas dan mendalami bahan atau bidang pengetahuan yang diberikan oleh dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir & Dkk. 2012 Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Premedia Group.

Agustinus Hermino. 2014 Manajemen Kurikulum Berbasis karakter, Bandung: Alfabeta

Anas Sudijono. 2008 Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Burhan Bungin. 2010 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Media Group

Dadang Sahardan & Dkk. 2013 Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional. 2016 Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Pustaka Utama

Donni Juni Priansa .2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Euis Hadis, Nurhayati. 2015 Psikologi Dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Hasbullah. 2005 Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ibrahim Bafadal. 2014 Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Kompri. 2015 Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Remaja Rosdakarya

M. Ngalim Purwanto. 2014 Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

M. Sobry Sutikno. 2009 Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect

Mohamad Syarif Sumantri. 2015 Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Munir. 2012 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi, Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2015 Belajar Mudah Penelitian, Bandung: Alfabeta

Rohmalina Wahab. 2016 Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman, A.M. 2016Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Sitepu. 2014 Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2016Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sutarno Ns. 2006 Perpustakaan Dan Masyarakat, Jakarta: CV Agung Seto

Sutarno NS. 2006 Manajemen Perpustakaan, Jakarta: CV Agung Seto

Syaiful Bahri Djamarah. 2012 Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Pasal 4 Nomor. 43 Tahun 2007, www.bpkp.go.id Di Akses tanggal 08 Januari 2019 jam 20.13 WIB

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Aysyah , S. (2020). Peranan Perpustakaan Harun Al-Rasyid dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 263–274. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.88