Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa melalui Permainan Dolanan Anak

Authors

  • Ema Efita Putri Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Septiyati Purwandari Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Putri Meinita Triana Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1406

Keywords:

Speaking Skills, Javanese, Dolanan Game

Abstract

Speaking skills are a means of developing children to interact and communicate with other people. Children's play games are games that develop in each particular region with the cultural background of that region. The aim of this research is to find out how children's play games can improve students' Javanese speaking skills. This type of research uses classroom action research. Data collection was carried out using observations, tests and field notes carried out in 2 cycles at Grow 4 Elementary School, Sewon, Bantul, Yogyakarta. The results of the research showed an increase in the average value of 50% then to 67.5% and ending in cycle II at 95%. From the average score, children achieve indicators of success in Javanese speaking skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afhani, A. L., & Ulfa, M. (2022). Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama menggunakan strategi tebak kata pada siswa kelas IV Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 32-48. https://doi.org/10.56013/alashr.v7i1.1486

Anggraeni, N. P. L., Dewi, K. A. P. (2018). Dolanan sebagai media pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.900

Annury, M. N. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui penelitian tindakan kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 18(2), 177-193. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258

Ayu, R. F. K., Sari, S. P., Setiawan, B. Y., Fitriyah, F. K. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa daerah melalui cerita rakyat digital pada siswa Sekolah Dasar: Sebuah studi pengembangan. Child Education Journal, 1(2). 65–72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum bagi siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138-147. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099

Karim, I. K., & Juniarti, Y. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Jurnal Raudhah, 10(2). 64-72. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2037

Karyati, Z. (2016). Antara EYD dan PUEBI: Suatu analisis komparatif. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 175-185. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1024

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 91-105. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Maghfirotun, K., Robik, M., Al-Fattah, S., Lamongan, S., Pes, P., Siman, A.-F., & Lamongan, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa siswa kelas V melalui pembiasaan berbahasa. Ibtida’, 2(1), 61-68. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.172

Murhan, H. (2022). Meningkatkan kemampuan guru agama SD se-Kecamatan Banua Lawas dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode diskusi. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 8(1), 25-36. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/1116/745

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh model artikulasi berbantuan media benda konkret terhadap keterampilan berbicara siswa kelas rendah. Jurnal Educatio, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Norma Aroyandini, E., & Hamid, N. (2021). Revitalisasi pendidikan karakter melalui dolanan anak guna mewujudkan generasi sadar budaya. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). 60-72. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8652

Nurcahyanto, E. (2016). Penerapan media wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa. Basic Education, 5(19), 1808-1814. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2527

Parmini, N. M., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara pada anak kelompok B. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.31416

Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTSN 4 Palu. Bahasa Dan Sastra, 5(1). 104-116. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12468

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Putri, E. E., Purwandari, S., & Triana , P. M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa melalui Permainan Dolanan Anak. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 110–118. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1406