Perpaduan Saintifik Aproach Dengan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.80Keywords:
Model Pembelajaran, Saintific Approach, Discovery LearningAbstract
Karya tulis dengan judul “Perpaduan Saintifik Aproach dengan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif ( Kajian DTS Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih Di BDK Padang ), sebuah penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survey dan wawancara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran dalam Diklat Teknis Susbtantif Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih MAK yang tidak efektif karena ditengarai pembelajaran tidak menggunakan pendekatan yang merefleksikan alur pikir yang ilmiah dan model pembelajaran yang adaptif. Sementara mata pelajaran Ushul Fiqh berisikan materi sebagai sebuah epistemologi dengan alur pikir hukum yang ilmiah dan metode penetapan hukum dalam syariat Islam. Rumusan permasalahan dalam kajian ini adalah Bagaimana Perpaduan antara Saintifik Approach dengan Model Discovery Learning Mewujudkan Pembelajaran yang Efektif dalam kegiatan Diklat Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih MAK di Balai Diklat Keagamaan Padang Tahun 2019 ?.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perpaduan antara pendekatan saintifik dengan penerapan model discovery learning dalam kegiatan diklat guru mata pelajaran Ushul Fikih MAK bisa menjadikan pembelajaran semakin efektif, karena melalui pendekatan saintifik dan model discovery learning mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan dan mendorong peserta diklat untuk memiliki kecakapan berpikir kreatif untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah, merumuskan, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan, hal ini sesuai dengan alur pikir yang terkandung dalam materi Ushul Fikih itu sendiri.” Perpaduan antara pendekatan saintifik dengan model pembelajaran discovery learning sangat berarti dalam mendorong dan melatih peserta diklat melalukan penyelidikan (al-kasyf) , menemukan sendiri sesuatu yang dipelajari dan pada gilirannya menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna.
Downloads
References
Abdul, Majid, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amar, Raichul, 2007, Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar, Padang, IAIN Press
Anam, Khairul, 2006, Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi, Yokyakarta: Pustaka Pelajar
E. Mulyasa, 2014, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia
Nata, Abuddin ,2009, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media
Purwastuti, (2016), Teknik Perkonsultasian Diklat, Jakarta: Lembaga Admnistrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.
Sadia, I Wayan Sadia, 2014, Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik, Yokyakarta Graha Ilmu
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati dan Kualitatif, Bandung, Alfabeta
Suparman, Atwi, 1997, Model-model Pembelajaran Interaktif, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN)
Supritiningrum, Jamil, 2013, Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Jokjakarta, Ar-Ruzz Media
Tim MKDP, 2011, Kurikulum & Pembelajaran, Jakarta: Raja grapindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License