Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin

  • Sari Mahdalena STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Moh. Sain STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Keywords: Cooperative Script, Hasil Belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 010 Sungai Beringin yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil rata-rata ulangan siswa tanggal 19 juli 2018 mencapai 56,25 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 30 % yang terdiri dari 6 orang siswa yanng mencapai KKM dan 14 orang yang tidak tuntas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Selain itu juga pembelajaran yang diterapkan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingaga kurang bervariasi.  Hal tersebut memerlukan solusi yang tepat dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script pada matapelajaran IPS sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa kelas VA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai beringin.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin dengan berkolaborasi dengan guru matapelajaran IPS dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 5 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran IPS dari prasiklus rata-rata hasil belajar mencapai 56,25 dengan persentase ketuntasan 30 % dengan kategori kurang baik, rata-rata siklus 1 62.30 dengan persentase ketuntasan 45 % dengan kategori cukup baik dan rata-rata siklus 2 mencapai 83,10 dengan persentase ketuntasan 95 % dengan kategori sangat baik. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Chairul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anas Sudijono.(2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asih.(2002). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Cahyo, dkk.(2017). Tematik Kelas V Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan untuk SD/MI. Bandung: Citra Pustaka.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B.Uno.(2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irene MJA, dkk.(2017). Buku Penilaian BUPENA Untuk SD/MI Kelas V Jilid 5A. Jakarta: Erlangga.

Isjoni.(2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka.

Maryanto. (2017. Buku Guru Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan Kurikulum 2013 revisi 2017.

Miftahul Huda.(2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. cetakan V.

Muhammad Yaumi. (2004). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nana Sudjana.(2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabiyarti. (2017). Ayo Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jakarta: Erlangga.

Sapriya.(2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet 1.

Tukiran Taniredja.(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2020-01-30
How to Cite
MahdalenaS., & SainM. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 118-138. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63