Peranan Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.59Keywords:
Peranan Guru, Disiplin SiswaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung.
Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah Guru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu 6 orang wali kelas, wawancara kepala sekolah, BK, waka kesiswaan, walikelas dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dan dideskripsikan dengan pola pikir Induktif Deduktif. Selanjutnya data Kualitatif akan diubah ke dalam angka dengan menggnaakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dari Peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dengan persentase 61,1% dikategorikan “Baik” karena berada pada interval 61% - 80%.
Downloads
References
Burhan Burgin. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenata Media Group.
E. Mulyasa. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenagkan, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
https://Pgrikabnunukan.Files.Wordpress.Com/2012/09/Uu-No-20-Thn-2003-Sisdiknas.Pdf Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 9:45 Wib
https://Typoonline.Com/Kbbi/Menangani Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 9:40 Wib
https://Typoonline.Com/Kbbi/Pelanggaran Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 10:35 Wib
Mamang Etta Dkk. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian, Yogyakarta: Andi Obset.
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nini Subini. 2012. Awas Jangan Jadi Guru Karbitan, Jogjakarta: Javalitera.
Priansa Donni Juni. 2014. Kinerja Dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.
Priansa Donni Juni. 2015. Manajemen Kelas Classroom Management, Bandung: Alfabeta.
Priansa Juni. 2015. Manajemen Kelas, Bandung: Alfabeta
Ridwan. 2008. Belajar Mudah Meneliti Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.
Rochman Chaerul, Dkk. 2016. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Pendidik Yang Dicintai Dan Diteladani Siswa, Bandung: Nuansa.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Soekanto Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Subagyo P. Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek, Jakarta: Rineks Cipta.
Subana Dkk. 2005. Statistik Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.
Sudijono Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suherman Eman. 2012. Manajemen Kelas, Bandung :S Alfabeta.
Sutikno M Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul (Tinjauan Umum Dan Islam), Lombok: Holistica.
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Tu’u Tulus. 2008. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa, Jakarta: Pt Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Willis Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License