Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Swasta 021 Pisifera PT. Bumi Palma Lestari Persadarumbai Jaya Kecamatan Kempas

Authors

  • Kamaliah Nur STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.84

Keywords:

Kurikulum 2013, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 guru Pendidikan Agama Islam kelas tinggi yaitu IV,V,VI. Untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam kelas tinggi yaitu IV, V, VI. Untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam kelas tinggi yaitu IV,V,VI.

Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan regresi sederhana.

Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam, mencapai angka 68,06% dan dikategorikan baik, karena angka 68,06% terletak pada interval 61% - 80%.  Kinerja guru Pendidikan Agama Islam, mencapai angka 72,22% dan dikategorikan baik, karena angka 72,22% terletak pada interval 61% - 80%.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan Kurikulum 2013 terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Tabrani Rusyan dan Wasmin. (2008). Etos kerja dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru. Jakarta: PT. Intimedia Ciptanusantara.

Ahmad Yani. (2013). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Andi Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Pers.

Burhan Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmad. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2016). Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. (2008). Guru Profesional; Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lukmanul Hakim. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

M. Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Martinis Yamin. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.

Martinis Yamin dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pius Abdillah dan Danu Prasetya. (2002). Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Arkola.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

_______. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofan Amri. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun Kemendikbud. (2013). Dokumen Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Pustaka Yustisia. (2008). Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Tim Reality. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Trianto. (2008). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardiman Djoyonegoro. (2000). Peningkatan kualitas Melalui Pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Depdikbud.

Widodo. (2004). Cerdik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Yayasan Kelompok.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Nur , K. (2020). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Swasta 021 Pisifera PT. Bumi Palma Lestari Persadarumbai Jaya Kecamatan Kempas. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 230–247. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.84