Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63Keywords:
Cooperative Script, Hasil Belajar, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 010 Sungai Beringin yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil rata-rata ulangan siswa tanggal 19 juli 2018 mencapai 56,25 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 30 % yang terdiri dari 6 orang siswa yanng mencapai KKM dan 14 orang yang tidak tuntas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Selain itu juga pembelajaran yang diterapkan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingaga kurang bervariasi. Hal tersebut memerlukan solusi yang tepat dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script pada matapelajaran IPS sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa kelas VA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai beringin.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin dengan berkolaborasi dengan guru matapelajaran IPS dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 5 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran IPS dari prasiklus rata-rata hasil belajar mencapai 56,25 dengan persentase ketuntasan 30 % dengan kategori kurang baik, rata-rata siklus 1 62.30 dengan persentase ketuntasan 45 % dengan kategori cukup baik dan rata-rata siklus 2 mencapai 83,10 dengan persentase ketuntasan 95 % dengan kategori sangat baik. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA.
Downloads
References
Abdul Majid dan Chairul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Anas Sudijono.(2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asih.(2002). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Cahyo, dkk.(2017). Tematik Kelas V Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan untuk SD/MI. Bandung: Citra Pustaka.
Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah B.Uno.(2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Irene MJA, dkk.(2017). Buku Penilaian BUPENA Untuk SD/MI Kelas V Jilid 5A. Jakarta: Erlangga.
Isjoni.(2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka.
Maryanto. (2017. Buku Guru Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan Kurikulum 2013 revisi 2017.
Miftahul Huda.(2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. cetakan V.
Muhammad Yaumi. (2004). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nana Sudjana.(2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sabiyarti. (2017). Ayo Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jakarta: Erlangga.
Sapriya.(2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet 1.
Tukiran Taniredja.(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License