Pemikiran Amirulloh Sarbini dan Ahmad Khusaeri tentang Pendidikan Akhlak Remaja
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.147Keywords:
Amirulloh Sarbini, Remaja, Akhlak, Ahmad KhusaeriAbstract
Pendidikan pada remaja sebagai generasi penerus adalah keharusan bagi orangtua, orangtualah yang memegang peranan sangat dominan dalam pembentukan sikap dan kepribadian anak-anaknya. Pendidikan yang diberikan kedua orangtua di awal pertumbuhan anak merupakan titik mula yang sangat menentukan kesuksesan dan keberhasilannya dalam mengemban amanat sebagai khalifah Allah SWT di bumi yang bersumberkan kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Keberhasilan proses pendidikan dalam mengantarkan anak mencapai tujuan yang diharapkan, tidak terlepas dari peranan metode yang digunakan, dalam proses pendidikan metode mempunyai kedudukan sangat penting guna mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam menentukan metode. Sebab jika salah mengambil suatu metode, tujuan pendidikan tidak akan tercapai bahkan akan membawa mudharat terhadap anak didik. Rumusan masalah yaitu; bagaimana biografi Amirulloh Syarbini dan Akhmad Khusaeri, bagaimana pemikiran mereka tentang pendidikan akhlak remaja, serta metode apa yang cocok dalam Mendidik Akhlak Remaja.
Downloads
References
Abdullah Nâshih Ulwan, Tabîyah Al-Aulad Fi al-Islam (Pendidikan Anak Dalam Islam) Terj. Jamaluddin Miri, (Jakarta: Pustaka Amani, 2007), Jilid 1
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Pustka Al-Fatih, 2005)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
Moeslichatoen R, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Musa Turoichan, Kado Perkawinan, Kiat Menciptakan Surga Dalam Rumah Tangga, (Surabaya: Ampel Mulia Surabaya, 2009)
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005)
Mulyadhi Kartanegara, Mozaik Khazanah Islam, Bunga Rampai dari Chicago, (Jakarta: Paramadina, 2000)
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2008)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Ramayulis, Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem dan pemikiran para tokohnya, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Sayyid Quthb, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani Press, 2001)
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1995)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License