Pengaruh Sertifikasi terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu

Authors

  • Misna Juwita STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Deddy Yusuf Yudhyarta STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.64

Keywords:

Sertifikasi, Kedisiplinan Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru dan apakah ada Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.

Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dilakukan dengan teknik statistik uji korelasi pearson product moment.

Dari hasil data diperoleh hasil bahwa berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5 % diperoleh ttabel = 1,943. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau thitung: 12 ≥ tabel: 1,943, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada Pengaruh yang signifikan antara Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono, 2000, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dirjen Dikdasmen, 1996, Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Emzir, 2010, Metodologi Penelitian Pandidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Ciputat: Quantum Teaching.

J.B. Situmorang, Winarno, 2008, Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

Joko Subagyo, 2006, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Kusnadi, 2011, Profesi dan Etika Keguruan, Pekan Baru: Yayasan Pustaka Riau.

Masnur Muslich, 2007, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Martinis Yamin, Maisah, 2010, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.

Moh. Uzer Usman, 2004, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E, 2009, Standar kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurul Zuriah, 2006, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, 2004, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Edisi ketiga, Kamus Besar Indonesia, 2002, Jakarta: Balai Pustaka,

Riduan, 2005, Belajar Mudah Penelitian, Bandung: Alfabeta.

SardimanAm, 2001, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subana, Moersetyo Rahardi, Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

S. Margono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa, Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1995, Jakarta: PT Balai Pustaka.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Juwita, M., & Yudhyarta, D. Y. (2020). Pengaruh Sertifikasi terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–150. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.64