Motivasi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syari’ah dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an di STAI Auliaurrasidin Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.46963/jam.v1i1.51Keywords:
Motivasi, Menghafal Al-Qur’anAbstract
Kegiatan menghafal al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, dimana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf dan lain-lain) harus diingat secara sempurna. Kegiatan menghafal al-Qur’an sebaiknya diajarkan dengan menggunakan pendekatan dan metode yang sesuai dengan hakikat menghafal yang menuntut mahasiswa untuk aktif dan semangat dalam melaksanakan kegiatan menghafal al-Qur’an sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilannya sebagai calon penghafal alQur’an. Hal tersebut diperlukan motivasi. Namun dari hasil observasi yang telah dianalisis oleh peneliti terhadap kegiatan menghafal al-Qur’an di Program Studi Ekonomi Syari’ah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan tidak adanya forum yang secara khusus dalam kegiatan menghafal al-Qur’an, sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dalam menghafal al-qur’an. Sejalan dengan hal tersebut untuk mengatasi permasalahan, peneliti melakukan suatu upaya dengan menyediakan forum kegiatan menghafal al-Qur’an di Program Studi Ekonomi Syari’ah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan sebagai penunjang untuk meningkatkan motivasi hafalan al-Qur’an di Program Studi Ekonomi Syari’ah STAI Auliaurrasyidin.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License