Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.46963/jam.v1i2.5Keywords:
Kesiapan Belajar, Kepercayaan Diri, Fasilitas Belajar, MinatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasil belajar terhadap minat menjadi guru pada siswa IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 216 siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Random Sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 140 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang akan disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji coba dengan menguji validitas dan realibilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji hipotesis digunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel kesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasil belajar siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License