Pengaruh pelatihan berbasis media elektronik pintar kemenag dan webinar musyawarah guru mata pelajaran dan kinerja guru PAI di mts kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Hasnawati Hasnawati Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Sri Murhayati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Idris Idris Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/aulia.v11i1.2773

Keywords:

Smart Electronic Media, Ministry of Religious Affairs, Subject Teacher Conference Webinar, Teacher Performance

Abstract

This study aims to examine the impact of the Ministry of Religious Affairs’ Smart Electronic Media Training and the Subject Teachers’ Forum (MGMP) webinars on the performance of Islamic Education (PAI) teachers at Madrasah Tsanawiyah in Indragiri Hilir Regency. A quantitative approach was employed, using a correlational method. Data were collected through questionnaires, observations, and documentation, and analyzed using simple and multiple linear regression techniques. The results show that: (1) the Smart Electronic Media Training has a significant effect on teacher performance, with an F-value of 689.661 and a significance level of 0.000 < 0.05, and a coefficient of determination (R²) of 0.981, indicating a 98% contribution; (2) the MGMP webinars also significantly affect teacher performance, with an F-value of 293.136, a significance level of 0.000 < 0.05, and an R² of 0.958, or 95%; (3) simultaneously, both variables have a significant combined effect on teacher performance, with an F-value of 338.051, a significance level of 0.000 < 0.05, and an R² of 0.983, or 98%.These findings demonstrate a strong positive contribution of both the training and the webinars to improving the performance of Islamic Education teachers.

References

Ali M. Makhrus dkk, Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian, (Education Journal: Penelitian Ibnu Rusyd Kotabumi Vol. 2, No. 2, Februari 2022).

Arafah Nurul S, Pengaruh Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Terhadap Peningkatan Kinerja dan Profesionalisme Guru: A Literature Review, Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa Vol. 3 No. 2 Juni 2024.

Aridiyanto Moch Jefry, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi (Studi Kasus : Koperasi Di Surabaya Utara), (Jurnal Ekonomi & Bisnis, Volume 7, Nomor 1, Maret 2022).

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran Edisi Revisi, (PT RajaGrafindo Persada, 2019).

Aryadillah dan Fifit Fitriansyah, Teknologi Media Pembelajaran (Teori Dan Praktik), (Herya Media, 2017).

Asari Andi dkk, Media Pembelajaran Era Digital, (Yogyakarta: CV. Istana Agency, 2023).

Azhar Fadly, Hendri, Dkk, Pendidikan & Pelatihan (Diklat) dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SDN Sekecamatan Bata Hampar, Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Volume 6 Nomor 5, 2022.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021 tentang “Kebijakan Pengembangan Profesi Guru”.

Budiarto Sony Panca,“Pelatihan Desain Grafis Dan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo,” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 4, no. 1 (2019).

Bungin Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Renada Media Group, 2020).

Direktorat Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengembangan KKG dan MGMP, 2008.

Ditjen Dikdasmen Depdikbud, Pedoman MGMP 2004.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Rineka Cipta, 2006).

Ernawati Ika dan Dessy Setiawaty, Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viid Di Smp Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, (G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 2, Bulan Juni Tahun 2021).

Firman, “Jurnal sains terapan no. 1 vol. 2”, 2017.

Firman, Peranan MGMP Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA di Kota Balikpapan, Jurnal Sains Terapan No. 1 Vol. 2, 2020.

Hidayati Sri and others, Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA, 2020.

Joen Siemze, dkk. Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru, (Kota Palu: Magama Anggota IKAPI), 2022.

Khaatimah Husnul & Restu Wibawa, Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 2 Nomor 2, 2017.

Liriwati Fahrina Yustiasari, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: CV. KANAKA MEDIA, 2021).

Maghfira Intan, Pengaruh Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Instensif Guru terhadap Kinerja Guru di MTS Swasta Se-Kecamatan Curup, IAIN Curup. 2021

Musrifah mardiani sanaky, analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama man 1 tulehu maluku tengah, (jurnal simetrik vol 11, no. 1, juni 2021).

Pintar.kemenag.go.id

Rahmiyati, Media Cetak dan Elektronik dalam bimbingan Penyuluhan, (Jurnal UIN Antasari , 2015).

Riduwan, BelajarMudahPenelitian, (Bandung: Alfabeta, 2015).

Riya Atika Hari, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Guru Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Smk Negeri 3 Dumai, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2013.

Riyanto, Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer (Step by Step Membuat Aplikasi Perpustakaan Sekolah Dengan MS. Excel), (Bandung: Fokusmedia, 2012).

Sabon Simon Sili, Teguh Supriyadi, Relisa, Bambang Suwardi, Optimalisasi Peran MGMP dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar (Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2019.

Santoso Singgih, Buku Latihan Statistik Parametrik, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2005).

Saondi, Ondi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, PT. Refika Aditama, Bandung: 2010.

Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja GrafindoPersadaa, 2008).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016).

Sugiyoono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2007).

Syahputri Addini Zahra dkk, Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif, (Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2, 1, Juni 2023).

Taluke Dryon dkk, Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat, (Jurnal Spasial Vol 6. No. 2, 2019).

Ulfatin Nurul & Teguh Triwiyanto, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2020).

Zainu Amri, Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah atas Kota Metro, 2022.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hasnawati, H., Murhayati, S., & Idris, I. (2025). Pengaruh pelatihan berbasis media elektronik pintar kemenag dan webinar musyawarah guru mata pelajaran dan kinerja guru PAI di mts kabupaten Indragiri Hilir. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 55-67. https://doi.org/10.46963/aulia.v11i1.2773

Similar Articles

21-30 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.