Hubungan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terhadap Kepribadian Remaja
DOI:
https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.170Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Kepribadian, Remaja.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hubungan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Parit Sei. Bintang Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang, Penelitian ini bermanfaat bagi Keluarga, Remaja, Peneliti, Masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua remaja di Parit Sei.Bintang Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Anak Remaja di Parit Sei.Bintang Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik Angket, wawancara dan dokumentasi,data yang diperoleh dianalisa dengan teknik Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dengan hasil persentase sebesar 76,4%berada pada interval 61%-80% dan dikategorikan “Baik”, adapun terhadap kepribadian remaja dengan hasil persentase akhir sebesar 52% berada pada interval 41%-60% dan dikategorikan “Cukup” dan juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terhadap kepribadian remaja di Parit Sei.Bintang Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan Keritang dengan nilai Fhitung ≤ Ftabel yang menunjukkan angka Fhitung = 0,18 dan Ftabel = 1,24 Maka Terima Ho artinya tidak signifikan.
Downloads
References
Al-Ati, H. A. (2009). Rumahku Surgaku,cet. VII. Bandung: Aqwam: Aqwam.
Ali, M. D. (2004). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Wali Press.
Aly, H. N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacaan Ilmu.
Al-Zuhaili, M. (2004). Menciptakan Remaja Dambaan Allah. Bandung: Al-Bayan.
Arifin, M. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, M. (2009). Keluarga dalam Pandangan Islam. Bandung: Aqwam.
Daradjat, Z. (1979). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Daradjat, Z. (1979). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, A. (2007). Bagaimana Membina Keluarga Islam Modern. Jakarta: Rajawali Pers.
Haitami, M. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media: Ar-Ruzz Media.
Hartono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Langgulung, H. (1989). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Marzuki. (2009). Prinsip Dasar Akhlak Mulia. Yogyakarta: Debut Wahana Press.
Mudyahardjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Musthafa, I. (2003). Keluarga Islam Menyongsong Abad 21. Bandung: Mizan.
Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawandan Peneliti Pemula. (Bandung: Alpabeta.
Sudijono, A. (2001). Pengantar Statistik Pendidikan cet. 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License