Model pengembangan pendidikan karakter religius berbasis tarbiyah: Studi kasus mahasiswa program studi pendidikan agama Islam

Authors

  • Intan Sari Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahbub Djunaidi Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
  • Lailatul Maghfiroh Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/alliqo.v10i1.2855

Keywords:

Religious Character, PAI Students, Grounded Theory, Tarbiyah Model

Abstract

This study develops a model of religious character education for students of Islamic Religious Education Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Using a grounded theory approach, this model was constructed through qualitative data analysis from 50 students in semesters 4 and 6. Data was collected through an open survey and analyzed by open coding, axial coding, and selective coding. The results identified eight key elements in the Tarbiyah model: Example, Worship Activities, Self-Reflection, Social Development, Value Integration, Belief & Love of Kindness, Real Action, and Habituation. The example of lecturers, campus religious activities, and self-reflection are the main supporting factors in the formation of religious character. The influence of social media and promiscuity is a major challenge. The TARBIYAH model is relevant to foster the religious character of Generation Z students who are multitasking but prone to disorientation of values.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muid. (2021). Tercapainya tujuan hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal'alam dalam pendidikan Islam. Dwijaloka: Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 197-204. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index

Achmad Karunia Al-Kaafı. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Membangun Karakter Mahasiswa Universitas Islam Malang. Pasca Sarjana UNISMA, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kabupaten Malang

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Analisis tingkat berpikir mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–6. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/465

Ali, M. (2019). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Bandung: Alfabeta.

Amriani. (2021). Penguatan karakter religius mahasiswa melalui pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan (Studi kasus di Universitas Muhammadiyah Palopo). Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759-765

Aqshal, M. (2024). Proses perbaikan diri dari kesalahan perspektif Al-Qur’an (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Assa, R., Kawung, E. J. R., & Lumintang, J. (2022). Faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–12.

Astuti, D. S., & Rachmawati, I. (2023). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Sosial: Kajian Nilai-Nilai Religius di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 140-150. https://doi.org/10.31289/jpi.v1112.5432

Charmaz, K. (2014). Constructing grounded theory (2nd ed.). SAGE Publications.

Fadhila, R., & dkk. (2024). Pendidikan karakter sebagai landasan pembentukan generasi muda. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 54-69. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3321

Fauzi, A., & Latifah, L. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran lintas disiplin. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 40-50. https://doi.org/10.1234/jpi.v8i1.4567

Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). Prestasi belajar mahasiswa (Studi mahasiswa PAI yang aktif berorganisasi di IAIIG Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1), 44–58.

Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). Prestasi belajar mahasiswa (Studi Mahasiswa PAI yang aktif berorganisasi di IAIIG Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1), 44–57.

Hakim, L., & Suryani, T. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(3), 210-220. https://doi.org/10.1234/jti.v7i3.7890

Homaedi, R., Mafruhah, & Yuliana, A. T. (2022). Profil mahasiswa dengan tugas ganda kuliah dan bekerja. SHINE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 125–137. https://e-journal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/article/view/466

Husnullail, M., Risnita, R., Jailani, M. S., & Asbui, A. (2024). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam riset ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 70–78. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Ismail, A. (2019). Dimensi afektif dalam pembentukan karakter berbasis nilai. Jurnal Psikologi Islami, 5(2), 25-35. https://doi.org/10.5678/jpii.v5i2.9876

Jamilah, A. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Teladan Jakarta Selatan (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta). Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Jamilah, A. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Teladan Jakarta Selatan (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta). Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Khasanah, U. (2023). Internalisasi Nilai Religius Melalui Program Kampus Berbasis Keislaman. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 60-75.

Kholiq, M., & Prasetyo, A. (2021). Strategi Mahasiswa dalam Menghadapi Tantangan Karakter Religius di Era Digital. Jurnal Sosial Humaniora, 15(1), 60-70.

Marhamah. (2023). Pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 9–14. Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/educare/article/view/1484

Maulidiyah, F., & Kurniawan, A. (2023). Implementasi nilai religius dalam aktivitas sosial mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 70-80. https://doi.org/10.2345/jpk.v121.5432

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 142–156. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 142–156. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nasution, M. (2020). Peran ibadah kolektif dalam pembentukan karakter religius mahasiswa. Jurnal Studi Keislaman, 15(2), 110-120. https://doi.org/10.3456/jsk.v15i2.7890

Prihartiwi, N. R., Hidayat, D., & Kohar, A. W. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam membuat prediksi berdasarkan grafik. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 43–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i2.2819

Putri, S. D., & Wibowo, R. (2019). Penguatan karakter sosial melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Sosial Humaniora, 10(3), 130-140. https://doi.org/10.9876/jsh.v10i3.3456

Rahayu, S. (2020). Peran Muhasabah Diri dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Islam. Jurnal Pendidikan Akhlak, 8(1), 50-60. https://doi.org/10.2345/jpa.v8i1.2345

Rizki, J. A., & Purba, H. (2024). Efektivitas kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab beribadah siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9(1), 78–86. https://doi.org/10.29210/30034619000

Rohmah, N., & Yulianto, T. (2021). Habituasi nilai religius dalam kehidupan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 145-155. https://doi.org/10.5432/jpi.v11i1.2345

Rosyidah, L. (2021). Peran Keteladanan dalam Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 50-60.

Salsabila, A. H., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13766–13771

Saputra, F. (2024). Pembinaan karakter mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam di era digital. WATHAN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), 176–188. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan/article/view/2819

Sari, D. A., & Yusuf, I. (2018). Refleksi diri sebagai strategi internalisasi nilai Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 50-60. https://doi.org/10.6789/jpai.v6i1.1123

Siti Muhibah. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 18(1), 54-69. http://jurnaledukasikemenag.org

Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 57–74.

Suryani, T. (2018). Penguatan Karakter Religius di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 120-140.

Syamsudin, A. (2022). Karakter Religius sebagai Modal Sosial Mahasiswa di Era Globalisasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 12(2), 85-95. https://doi.org/10.5432/jdki.v12i2.3456

Ulfa, K., & Hamami, T. (2020). Implementasi tujuan pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 146–175.

Zaini, M., Noorthaibah, & Julaiha, S. (2024). Pendidik dalam perspektif Imam Al Ghazali dan relevansinya di era Society 5.0. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(1), 174–193. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1001

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sari, I., Djunaidi, M., & Maghfiroh, L. (2025). Model pengembangan pendidikan karakter religius berbasis tarbiyah: Studi kasus mahasiswa program studi pendidikan agama Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1-18. https://doi.org/10.46963/alliqo.v10i1.2855

Similar Articles

1-10 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.