Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam Pada Anak

Authors

  • Abd. Syahid STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Kamaruddin Kamaruddin STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.148

Keywords:

Orang Tua, Pendidikan Islam

Abstract

Kedua orang tua adalah pendidik bagi anak-anaknya karena secara kodrati, diberikan anugerah oleh Allah SWT berupa perasaan kasih sayang kepada anak-anak mereka, hingga keduanya merasa punya rasa tanggung jawab untuk memelihara, mengawasi, melindungi, dan membimbing keturunan mereka. Keluarga merupakan lapangan pendidikan yang pertama kehidupan anak-anak dalam pembinaan karakter anak dan sebagai pendidiknya adalah kedua orang tua. Dalam pendidikan Islam kedua orang tua menjadi suatu kewajiban yang tidak bisa diabaikan dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendidikan agar menjadi generasi Islami selalu  berdasarkan petunjuk Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW. Disamping itu perlu diperhatikan  adalah kebutuhan psikologis dan biologis khususnya dalam bermain dengan teman-temannya, dengan berteman terbentuk solidaritas, pengetahuan tentang lingkungan bertambah dan hal lain yang positif. Dan juga perlu diperhatikan  faktor yang sering mengganggu perkembangan anak seeperti tidak dimanfaatkannya waktu luang secara tepat, gemar bermain tanpa batas waktu, senang bersantai terutama pada saat belajar. Rumusan masalah yaitu; bagaimana pendidikan pada anak sesuai menurut Al-qur’an dan Al-Sunnah, apa saja tanggung jawab pokok orang tua terhadap anaknya, serta apa faktor yang mempengaruhi generasi Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi dan Safarina Hd, Etika Pendidikan (Keluarga, sekolah dan masyarakat), (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2015)
Abdul Mujib, Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islami, (Bandug : PT Remaja Rosdakarya, 2012)
Bambang Syamsul Arifin, Psikologi Agama, (Bandung : Pustaka Setia, 2015)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta : Amzah, 2015)
Mansur, Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004)
Muhammad Hatta, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Ghazali, (Jambi: Sulthan Thaha Press IAIN STS Jambi, 2010)
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Syamsu Yusuf, Psikologi Perkemabangan Anak & Remaja,(Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1995)
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Downloads

Published

2020-01-28

How to Cite

Syahid, A., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam Pada Anak. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 120–132. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.148