Terapi Stres Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Abd. Syahid STAI Auliaurasyidin Tembilahan
  • Rika Devianti STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.15

Keywords:

Terapi Stres, Pendidikan Islam

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan umat manusia secara beramai-ramai memburu kemewahan hidup, di sisi lain masih banyak manusia yang terkungkung dengan penderitaan hidup. Akibat ketidak mampuan mengatasi kesulitan hidup, banyak manusia mengalami kegoncangan jiwa karena tekanan (stres) pada kondisi tertentu. Penderitaan yang diakibatkan stres ini jika sudah parah akan menyebabkan kegoncangan jiwa. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor intern dan lingkungan hidup manusia itu sendiri (depresi). pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana manusia mampu memelihara 4 potensi-potensi utama yang secara fitrah sudah dianugrahkan Allah SWT kepada manusia yaitu, potensi naluriah (hidayah al-gharizziyah), potensi indrawi (hidayah al-hassiyah), potensi akal (hidayah al-aqliyyah), potensi keagamaan (hidayah al-diniyah) dan upaya-upaya dalam mengatasi stres dalam persfektif pendidikan Islam. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan manusia mengalami kegoncangan jiwa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-18

How to Cite

Syahid, A., & Devianti, R. (2019). Terapi Stres Perspektif Pendidikan Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 43–53. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.15