Terapi Stres Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.15Keywords:
Terapi Stres, Pendidikan IslamAbstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan umat manusia secara beramai-ramai memburu kemewahan hidup, di sisi lain masih banyak manusia yang terkungkung dengan penderitaan hidup. Akibat ketidak mampuan mengatasi kesulitan hidup, banyak manusia mengalami kegoncangan jiwa karena tekanan (stres) pada kondisi tertentu. Penderitaan yang diakibatkan stres ini jika sudah parah akan menyebabkan kegoncangan jiwa. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor intern dan lingkungan hidup manusia itu sendiri (depresi). pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana manusia mampu memelihara 4 potensi-potensi utama yang secara fitrah sudah dianugrahkan Allah SWT kepada manusia yaitu, potensi naluriah (hidayah al-gharizziyah), potensi indrawi (hidayah al-hassiyah), potensi akal (hidayah al-aqliyyah), potensi keagamaan (hidayah al-diniyah) dan upaya-upaya dalam mengatasi stres dalam persfektif pendidikan Islam. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan manusia mengalami kegoncangan jiwa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License