Metode Targhib dan Tarhib dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.145Keywords:
Metode Targhib, Tarhib, Pendidikan IslamAbstract
Targhib adalah janji yang disertai dengan bujukan dan membuat senang terhadap sesuatu yang mashlahat terhadap kenikmatan atau kesenangan akhirat yang baik dan pasti serta bersih dari segala kotoran yang kemudian diteruskan dengan melakukan amal shaleh dan menjauhi kenikmatan selintas yang mengandung bahaya dan perbuatan buruk atau maksiat kepada Allah SWT sedangkan Tarhib adalah ancaman atau intimidasi melalui hukuman yang disebabkan oleh terlaksananya sebuah dosa, kesalahan, atau perbuatan yang telah dilarang Allah SWT. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa Targhib - Tarhib merupakan strategi atau cara untuk menyakinkan seseorang terhadap kebenaran Allah SWT melalui janji-Nya yang melakukan amal shaleh berupa kenikmatan dialam akhirat dan ancaman bagi yang bermaksiat kepada-Nya. Metode ini diantara cara memberikan pelajaran dengan memberi dorongan (motivasi) untuk memperoleh kegembiraan bila mendapatkan sukses dalam kebaikan, sedang bila tidak sukses karena tidak mau mengikuti petunjuk yang benar akan mendapat kesusahan. Rumusan masalah yaitu; Bentuk-bentuk targhib-tarhib, Langkah-langkah metode targhib-tarhib, perbandingan antara targhib-tarhib dangan reward and punishment.
Downloads
References
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya,Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: CV. Pusaka Setia, 1997)
Ahmad Susanto, Teori Balajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Cet, Ke-2 2014)
Aprilia Kumala, Dan Arundaya, Kamus Bahasa Bahasa Indonesia, (Surabaya: Ikhtiar, tth)
Abu Ahmadi,dan Joko Tri Prasetya.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pusaka Setia, 1997.
Abdurrahman An-nahlawi, Pendidikan Islam Di rumah Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta:Gema Insani Press,1995)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)
Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Direktor Jendral Kelembagaan Agama Islam,2002)
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan terjemahnya, (Surabaya: Karya Agung, 2006)
Heri Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005)
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam (IPI) Untuk UIN-STAI-PTAIS Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, (Bandung: Pustaka Setia, 1997)
Rosleny Marliany, Psikologi Umum, (Bandung: Pustaka Setia, 2010)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Rama Yulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2014)
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an, (Bandung: Alfabeta. 2009)
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2011)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License