Pelaksanaan Pembelajaran Konstrutivistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan

Authors

  • Asniah Asniah STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.89

Keywords:

Kontrutivistik, Pembelajaran, Faktor

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.

Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P=F/N x 100%.

Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan, mencapai angka 59,03% dan dikategorikan cukup baik, karena angka 59,03% terletak pada interval 41%-60%. Adapun faktor-faktor yang mendukung adalah sebagai berikut: Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan. Guru sudah menjelaskan tugas yang harus dilakukan siswa disertai contoh. Guru menyuruh siswa mengajukan dan menjawab pertanyaan. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran. Guru telah melakukan evaluasi diakhir pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (2001). Kemandirian Dalam Belajar. Bandung: Prospect.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Dariyo. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Antonius Gea. (2002). Relasi Dengan Diri Sendiri. Jakarta: Gramedia.

Benny A. Pribadi (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Burhan Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Chabib Thoha. (2006). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Danang Kahmad. (2000). Metodologi Penelitian Agama. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Haris Mujiman. (2005). Belajar Mandiri. Bandung: Rosdakarya.

Hasan Basri. (2000). Remaja Berkualitas; Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendra Surya. (2003). Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

I Wayan Santyasa. (2004). Model Problem Solving dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Perpect.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

M. Sobry Sutikno. (2009). Belajar dan Pembelajaran; Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prspect.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Prawiladiga. (2002). Prinsip-Prinsip Pembelajaran. (Jakarta: Penerbit Kencana.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

_______. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Singgih D. Gunarsa. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Pustaka Setia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofan Amri. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Reality. (2008). Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Udin Syaefudin Sa’ud. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamzah. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Asniah, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Konstrutivistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 275–285. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.89