Peranan Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung

Authors

  • Nurvadila Nurvadila STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.59

Keywords:

Peranan Guru, Disiplin Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung.

Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah Guru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu 6 orang wali kelas, wawancara kepala sekolah, BK, waka kesiswaan, walikelas dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dan dideskripsikan dengan pola pikir Induktif Deduktif. Selanjutnya data Kualitatif akan diubah ke dalam angka dengan menggnaakan rumus persentase.

Berdasarkan hasil penelitian dari       Peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dengan persentase 61,1% dikategorikan “Baik” karena berada pada interval 61% - 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan Burgin. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenata Media Group.

E. Mulyasa. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenagkan, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

https://Pgrikabnunukan.Files.Wordpress.Com/2012/09/Uu-No-20-Thn-2003-Sisdiknas.Pdf Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 9:45 Wib

https://Typoonline.Com/Kbbi/Menangani Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 9:40 Wib

https://Typoonline.Com/Kbbi/Pelanggaran Diakses Hari Rabu 11 Juli 2018: 10:35 Wib

Mamang Etta Dkk. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian, Yogyakarta: Andi Obset.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nini Subini. 2012. Awas Jangan Jadi Guru Karbitan, Jogjakarta: Javalitera.

Priansa Donni Juni. 2014. Kinerja Dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Priansa Donni Juni. 2015. Manajemen Kelas Classroom Management, Bandung: Alfabeta.

Priansa Juni. 2015. Manajemen Kelas, Bandung: Alfabeta

Ridwan. 2008. Belajar Mudah Meneliti Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Rochman Chaerul, Dkk. 2016. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Pendidik Yang Dicintai Dan Diteladani Siswa, Bandung: Nuansa.

Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Soekanto Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Subagyo P. Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek, Jakarta: Rineks Cipta.

Subana Dkk. 2005. Statistik Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.

Sudijono Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suherman Eman. 2012. Manajemen Kelas, Bandung :S Alfabeta.

Sutikno M Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul (Tinjauan Umum Dan Islam), Lombok: Holistica.

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Tu’u Tulus. 2008. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa, Jakarta: Pt Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Willis Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Nurvadila, N. (2020). Peranan Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 61–74. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.59