Pemberdayaan Etika Pancasila dalam Konteks Kehidupan Kampus
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.144Keywords:
Etika Pancasila, Kehidupan KampusAbstract
Salah satu fungsi pendidikan adalah membangun karakter bangsa yang harus tetap dipertahankan. Begitu pula perlu dikembangkan nilai-nilai yang dikategorikan high-trust seperti Etika Pancasila menjadi fundamental bangsa dalam rangka penguatan integritas para penyelenggara negara atau pejabat publik jelas perlu penguatan etika. Etika umumnya dipahami sebagai ‘teori atau ilmu tentang praktik moral. Sedanglkan Etika Pancasila secara normatif dapat dijadikan sebagai suatu acuan atas tindakan baik, dan secara filosofis dapat dijadikan perspektif kajian atas nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat. Namun, sebagai suatu kesatuan nilai yang utuh, nilai-nilai tersebut memberikan ciri khusus pada ke-Indonesia-an. Pancasila sebagai dasar etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diberdayakan melalui kebebasan akademik untuk mendasari suatu sikap mental atau attitude. Kebebasan akademik adalah hak dan tanggung jawab seseorang akademisi. Hak dan tanggung jawab itu terkait pada moral akademik
Downloads
References
Fudyartanto, Etika, (Yogyakarta: Warawidyani,1974), Cetakan Keempat.
Hadiwijono,H, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, (Yogyakarta: Kanisius, 1990) Cetakan Keempat.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
Kaelan, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi, (Yogyakarta: Penerbit Paradigma, 2004)
Keraf, Sonny, Etika Lingkungan, (Jakarta : Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2002)
Ketetapan MPR Pada Sidang Tahunan MPR 2002. (Jakarta: Sinar Grafika.Kresna)
Kohleberg, Lawrence, Tahap-tahap Perkembangan Moral, (Yogyakarta :Kanisius, 1995)
Kuswanjono, Arqom, ”Etika K eanekaragaman Hayati”, Makalah Seminar Nasional “Bioetika Lingkungan”, Training Center Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 21 Juli 2008.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005), h. 93
Magnis-Suseno, F. Etika Dasar :Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral.Yogyakarta: Kanisius, 1987)
Magnis-Suseno, F. Etika Politik: Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, (Jakarta: PT Gramedia)
Mubarak, Zakky, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi, Buku Ajar II, Manusia, Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. Depok, Lembaga Penerbit FE UI, 2008)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sunoto, Bunga Rampai Filsafat. Yog- yakarta: Yayasan Pembinaan Fakultas Filsafat UGM, 1982)
Syarbaini,S., Rusdiyanta, Fatkhuri, Pendidikan Kewarganegaraan Implemen-tasi Karakter Bangs, (Jakarta: HartomoMedia Pustaka, 2012)
Syarbaini, S., Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Zubair, Achmad Charris, Kuliah Etika, Rajawali Pers, Jakarta, 1990)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License