Pemberdayaan Etika Pancasila dalam Konteks Kehidupan Kampus

  • Deddy Yusuf Yudhyarta STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Keywords: Etika Pancasila, Kehidupan Kampus

Abstract

Salah satu fungsi pendidikan adalah membangun karakter bangsa yang harus tetap dipertahankan. Begitu pula perlu dikembangkan nilai-nilai yang dikategorikan high-trust seperti Etika Pancasila menjadi fundamental bangsa dalam rangka penguatan integritas para penyelenggara negara atau pejabat publik jelas perlu penguatan etika. Etika umumnya dipahami sebagai ‘teori atau ilmu tentang praktik moral. Sedanglkan Etika Pancasila secara normatif dapat dijadikan sebagai suatu acuan atas tindakan baik, dan secara filosofis dapat dijadikan perspektif kajian atas nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat. Namun, sebagai suatu kesatuan nilai yang utuh, nilai-nilai tersebut memberikan ciri khusus pada ke-Indonesia-an.  Pancasila sebagai dasar etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diberdayakan melalui kebebasan akademik untuk mendasari suatu sikap mental atau attitude. Kebebasan akademik adalah hak dan tanggung jawab seseorang akademisi. Hak dan tanggung jawab itu terkait pada moral akademik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryaning A., Agus Riyanto dan Hendar Putranto. Pendidikan Kewarganegaraan (Civics). (Tangerang:UMN Press, 2012)
Fudyartanto, Etika, (Yogyakarta: Warawidyani,1974), Cetakan Keempat.
Hadiwijono,H, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, (Yogyakarta: Kanisius, 1990) Cetakan Keempat.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
Kaelan, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi, (Yogyakarta: Penerbit Paradigma, 2004)
Keraf, Sonny, Etika Lingkungan, (Jakarta : Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2002)
Ketetapan MPR Pada Sidang Tahunan MPR 2002. (Jakarta: Sinar Grafika.Kresna)
Kohleberg, Lawrence, Tahap-tahap Perkembangan Moral, (Yogyakarta :Kanisius, 1995)
Kuswanjono, Arqom, ”Etika K eanekaragaman Hayati”, Makalah Seminar Nasional “Bioetika Lingkungan”, Training Center Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 21 Juli 2008.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005), h. 93
Magnis-Suseno, F. Etika Dasar :Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral.Yogyakarta: Kanisius, 1987)
Magnis-Suseno, F. Etika Politik: Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, (Jakarta: PT Gramedia)
Mubarak, Zakky, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi, Buku Ajar II, Manusia, Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. Depok, Lembaga Penerbit FE UI, 2008)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sunoto, Bunga Rampai Filsafat. Yog- yakarta: Yayasan Pembinaan Fakultas Filsafat UGM, 1982)
Syarbaini,S., Rusdiyanta, Fatkhuri, Pendidikan Kewarganegaraan Implemen-tasi Karakter Bangs, (Jakarta: HartomoMedia Pustaka, 2012)
Syarbaini, S., Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Zubair, Achmad Charris, Kuliah Etika, Rajawali Pers, Jakarta, 1990)
Published
2020-01-28
How to Cite
YudhyartaD. Y. (2020). Pemberdayaan Etika Pancasila dalam Konteks Kehidupan Kampus. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 43-63. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.144