Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin T.A. 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.22Keywords:
Penyesuaian Diri, Prestasi BelajarAbstract
Belajar di perguruan tinggi melibatkan proses yang lebih kompleks, mulai dari sistem perkuliahan, cara belajar, dan tugas-tugas perkuliahan, yang menuntut mahasiswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan pola kehidupan belajar di perguruan tinggi, terutama mahasiswa tahun pertama, yang berada pada periode transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi. Kesuksesan mahasiswa dalam belajar di perguruan tinggi banyak dipengaruhi oleh berbagai factor, salah satunya adalah penyesuaian diri. Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan pola belajar di perguruan tinggi diduga berpengaruh terhadap perolehan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar 2) tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa, 3) hubungan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar, 4) perbedaan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar berdasarkan aspek jenis kelamin.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan jumlah sampel sebanyak 171 orang, yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik korelasi Pearson, dan tujuan penelitian keempat dianalis dengan teknik uji beda (t-tes) . Temuan penelitian ini: 1) secara umum penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar berada pada katagori sedang, 2) secara umum prestasi belajar mahasiswa berada pada katagori sedang, 3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar dengan nila rxy 0,541, 4) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri dalam belajar berdasarkan jenis kelamin, dimana penyesuaian diri mahasiswa wanita lebih tinggi dibanding penyesuaian diri mahasiswa pria.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License