Pengaruh Sosialisasi Badan Amil Zakat Nasional terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat

  • Delvi Hamsiska Putri STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau, Indonesia
  • Iwan Siswanto STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau, Indonesia
  • Seri Yanti Siagian STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau, Indonesia
Keywords: Socialization, BAZNAS, Interest, Zakat

Abstract

This study aimed to determine whether the socialization of BAZNAS affects the interest of Muzaki in distributing zakat through the National Amil Zakat Agency of Indragiri Hilir Regency. This research was quantitative. The data were analyzed using a simple linear regression method with the help of the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. The results of the data analysis showed the tcount was 20.985 so that, ttable 1.651 < tcount 20.985 with a significance of 0.000 under 0.05. Thus, it concluded that the socialization of BAZNAS on the interest of Muzaki in paying zakat through the National Amil Zakat Agency in Tembilahan City has a significant influence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaini. A. (2017). Minat muzaki membayar zakat melalui lembaga (Studi Kasus di Provinsi Bengkulu). Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 10(7), 66-74. http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v10i1.637

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Groub.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Departemen Agama RI. (2008). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro.

Fahmi, Z., & Nur, M. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, dan Kepercayaan, terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 1(3), 89-99. https://doi.org/10.29103/jeru.v1i3.592

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Halin, H., Wijaya, H., & Yusilpi, R. (2017). Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver Terhadap Nilai Penjualan Pada CV Kurnia Kaca Palembang 2004-2005. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 2(2), 49-56. http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251

Hanurawan, Fattah. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasan, Fuad, dkk. (2003). Kamus Istilah Psikologi. Jakarta: Progres.

Kokom, K., & Subekti, P. (2016). Penggunaan Media Massa Sebagai Agen Sosialisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Imunisasi. Profesi humas: Jurnal Ilmiah Ilmu hubungan masyarakat, 1(1), 12-21. https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9502

Mu’is, F. (2011). Zakat A-Z: Panduan Mudah, Lengkap, dan Praktis tentang Zakat. Solo: Tinta Medina.

Muhammad. (2007). Aspek Hukum Dalam Muamalat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mujahidin, A. (2013). Ekonomi Islam: Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara, dan Pasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Qaradhawi, Y. (2005). Spektrum Zakat Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Zikrul Hakim.

Ridwan, M. (2014). Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). Yogyakarta: UII Press.

Ridwan., & Ahmad, H. (2013). Manajemen Baitul Mal Watamwil. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rifa’I, M. (1978). Ilmu Fiqih Islam Lengkap. Semarang: PT Karya Toha Putra.

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah: Prinsip dan Implementasinya Pada Sektor. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiadi M. Elly, dkk. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : KENCANA.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunjoyo, dkk. (2013). Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-06-30
How to Cite
PutriD. H., SiswantoI., & SiagianS. Y. (2021). Pengaruh Sosialisasi Badan Amil Zakat Nasional terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat. AL-Muqayyad, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.46963/jam.v4i1.342
Section
Articles