Upaya Meningkatan Qawa’id Bahasa Arab melalui Model Pembelajaran Mind Map di Prodi Ekonomi Syari’ah
DOI:
https://doi.org/10.46963/jam.v1i1.50Keywords:
Mind Mapping, Bahasa Arab, Qawa’idAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan qawa’id bahasa arab dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik observasi, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang mempunyai beberapa komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan qawa’id bahasa arab. Peningkatan qawa’id bahasa arab tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai qawa’id bahasa arab mahasiswa pada setiap siklus yaitu nilai ratarata qawa’id bahasa arab mahasiswa sebelum tindakan (pra siklus) hanya sebesar 65,2, pada siklus I nilai rata-rata qawa’id bahasa arab mahasiswa menjadi 74,7, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4. Sebelum dilaksanakan tindakan, mahasiswa yang memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (≥65) hanya sebanyak 9 mahasiswa (33%), pada siklus I meningkat menjadi 18 mahasiswa (68%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 mahasiswa (81%).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License