Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran

Authors

  • Rika Devianti STAI Auliaurasyidin Tembilahan, Riau, Indonesia
  • Suci Lia Sari STAI Auliaurasyidin Tembilahan, Riau, Indonesia

Keywords:

Urgency, Needs, Learning

Abstract

The achievement of the quality of education departs from the quality of the school and the quality of the learning process that is effective and efficient. To achieve effective and efficient learning, it is inseparable from the efforts of teachers to understand, guide and fulfill the needs of students in schools. Fulfilling the needs of students is a motivation. Therefore, a teacher needs to understand, know the types and levels of needs of their students, so that they can guide and fulfill the needs of students through various learning activities so that teachers can provide lessons as precisely as possible in order to achieve educational goals and create quality education.

References

Ahmad Sumanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam Suatu tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta DIdik: Panduan bagi orangtua dan guru dalam memahami psikologi anak usia, SD, SMP dan SMA. Cetakan ke-6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Euis Karwati & Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangu sekolah yang bermutu. Bandung: Alfabeta.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif, Efektif, Menarik. Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Pespektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offest.

Mohamad Ali. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Ridwan Abdullah Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Jurnal Al-Aulia Volume 06 No 01

Januari-Juni 2020

Santrock, J.W. 2000. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Suardiman. 1988. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: IKIP.

Sudarwan Danim & H. Khairil. 2014. Psikologi Pendidikan (dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Ace, & Budimansyah. 2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional: Konsep, teori, dan aplikasi dalam analisis kebijakan public. Bandung: Widya Aksara Press.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Downloads

Published

2020-10-17

How to Cite

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 21–36. Retrieved from https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/189