Pengembangan Spiritual Leadership dan Pengaruhnya terhadap Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Syarifudin Syarifudin STAI Auliaurasyidin Tembilahan
  • Deddy Yusuf Yudhyarta STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.19

Keywords:

Kepemimpinan Spiritual, Spiritual-Leadership, Madrasah

Abstract

Spiritual Leadership adalah Kepemimpinan yang berorientasi Ketuhanan, Kepemimpinan Spiritual mampu dikatakan kepemimpinan yang sempurna karena mampu menggabungkan nilai Sikap dan etika. Kepemimpinan Spiritual didalam lembaga pendidikan Islam, adalah faktor yang paling penting untuk mewujudkan dan mengembangkan nilai-nilai yang di harapkan dimiliki oleh peserta didik. Memotivasi, serta mendorong penghayatan serta internalisasi nilai-nilai Spiritual menuju kejujuran, tanggung jawab, dan akhlak. Kepemimpinan yang spiritual telah menunjukkan kesuksesannya dalam mengolah Madrasah dan megembangakan SDM di Pendidikan Islam. Hal ini dapat di lihat dari pesatnya perkembangan jumlah siswa dari tahun ke tahun dan sarana serta prasarana yang terus meningkat di Madrasah-Madrasah serta kualitas keilmuannya pun tidak kalah dengan Sekolah umum ataupun Pesantren. Rumusan masalah yang akan di bahas dalam jurnal ini adalah 1) Bagaimana Konsep dasar Kepemimpinan Spiritual? 2) Bagaimana Konsep Spiritual ? 3) Bagaimana Konsep di Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah). Simpulan pembahasan dari penelitian jurnal ini, bahwa lembaga pendidikan Islam yang menggunakan kepemimpinan Spiritual-leadership dengan sistem organisasi yang menggerakkan melalui keteladanan, pelayanan, dan implementasi nilai sifat-sifat ketuhanan, dan bisa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan lembaga pendidikan Islam melalui rangkaian proses kegiatan yang terjadi di dalam lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-18

How to Cite

Syarifudin, S., & Yudhyarta, D. Y. (2019). Pengembangan Spiritual Leadership dan Pengaruhnya terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.19