Metode Qawa'id dan Tarjamah dalam Memahami Kitab Kuning
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.143Keywords:
Metode Qawaid, Tarjamah, Kitab KuningAbstract
Qawa’id adalah aturan-aturan baku yang telah menjadi konsensus para linguis dan harus diikuti oleh pemakai bahasa serta dikonsedarisasikan dengan penutur aslinya, sedangkan Tarjamah adalah menyalin atau memindahkan dari suatu bahasa ke dalam bahasa lain. Oleh karena, setiap siswa hendaknya dilatih untuk menghafal kaidah-kaidah nahwu dan sharaf dengan diawali menghafal materi nazham banyak di pakai dalam kitab-kitab nahwu dan sharaf seperti Kitab al-Jurumiyah,‘Imrithi, dan Alfiyah dan lain sebagainnya. Rumusan masalah yaitu; Konsep dasar dan karakteristik metode qawa’id dan tarjamah, kekuatan dan kelemahan metode qawa’id dan tarjamah, langkah-langkah presentasi metode qawa’id dan tarjamah, contoh kongkret materi dalam pelaksanaan metode qawa’id dan tarjamah pada pembelajaran kitab kuning.
Downloads
References
Azhar Arsyad, Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)
Abdurrahman Wahid, Mennggerakkan Tradisi, (Yogyakarta: PT. LkiS, Printing Cemerlang, 2010)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009)
Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2004)
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, (Jakarta: PT. Gramedia, 2013)
Imam Makruf, Strategi Pembelajaran Bahasa Aktif, (Semarang: Need’s Press, 2009)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013), Cet. 31
M. Zaka Al-Farisi, Pedoman Penerjamahan Arab Indonesia, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), h. 21
Misbah Mushtafa, Mishbahul-Hawalik fi Syarhi Alfiyati Ibni Malik, (Bangilan Tuban,TT)
M. Ridlwan Qoyyum Sa’id, Rahasia Sukses Fuqoha, (Blok H. 05 Lirboyo Kediri: Mitra Gayatri, 2006)
Muhammad Raid Naufal,الرموز النحوية التى استعملها أهل اللغة الجاوية, (Sugihan Tuban, Hidayatussalam, tt), tanpa halaman.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2005)
Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren, (Jakarta: Paramadina, 1997)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-10
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Syaikh Syamsuddin Muhammad Arra’ini, Ilmu Nahwu Tarjamahan Mutammimah Ajurumiyah, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013)
S. Nasotion, Metode Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002), Cet. 5
Zamakhsyari Dhofir, Tradisi Pesantren, Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, (Jakarta: LP3ES, Cetakan kesembilan, 2011)
Zuhairini,et al, Methodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983)
Zulkifli, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab; Konvensional dan Kontemporer, (Yokyakarta: Nusa Medi, 2011)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License