Pelaksanaan Metode Pembelajaran Picture And Picture Oleh Guru Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.94Keywords:
Pelaksanaan, Picture and PictureAbstract
Penggunaan metode dalam pembelajaran Fikih sangat diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran, oleh sebab itu, guru perlu menggunakan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tidak cepat bosan, dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai. Salah satu metode yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah metode pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran Picture and Picture oleh guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang TIga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka dan faktor yang mendukung dan menghambatnya..Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran Picture and Picture oleh guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang TIga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka diperoleh persentase sebesar 67% yang dikategorikan “Baik” karena berada pada interval 61%-80% dengan faktor yang mendukungnya sikap mental guru yang menginginkan kemudahan bagi siswa menerima materi ajar sehingga menggunakan alat bantu berupa gambar contoh, ketersediaan alat peraga atau media pembelajaran yang memadai di madrasah, ketersediaan buku referensi di perpustakaan sehingga memudahkan guru dan siswa mencari materi pelajaran dan faktor penghambatnya adalah guru kadang-kadang kesulitan dalam menghadapi perbedaan dari siswa, guru kadang-kadang kesulitan dalam menentukan gambar yang cocok/sesuai dengan materi ajar, guru kadang-kadang kesulitan mengatur waktu dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arief S. Sadiman. dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2007. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo Lestari.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Pekanbaru: Suska Press.
Junaedi. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Surabaya: LAPIS PGMI.
Lexy J. Meolong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masnur Muslich. 2008. KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Moh. Sholeh Hamid. 2014. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press.
Muhammad Hidayat. Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Nomor 23 Tahun 2010 Universitas Negeri Semarang.
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penlitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Robert E. Slavin. 2005. Cooperatifve Learning. Teori. Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nurlianti Nurlianti, Martina Napratilora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License