Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Salatiga

Authors

  • Siti Asdiqoh Dosen Jurusan PIAUD IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.23

Keywords:

Kemampuan Mengajar, Kualifikasi Profesional, Kompetensi Guru

Abstract

Guru merupakan salah satu unsur dalam proses belajar mengajar yang harus berperan aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tugas profesional sesuai dengan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, guru memerlukan syarat-syarat tertentu yang dapat diklasifikasikan menjadi persyaratan administratif, persyaratan teknis, dan persyaratan kepribadian. Guru dituntut adanya kualifikasi kemampuan yang memadai. Secara garis besar ada tiga tingkatan kualifikasi profesional guru sebagai tenaga profesional pendidikan yaitu capable personal, guru sebagai inovator, dan guru sebagai developer. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga, kegiatan microteaching sebagai latihan mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa dan diharapkan akan tumbuh suatu kebiasaan tingkah laku yang baik dalam diri mahasiswa calon guru. Melalui microteaching, mahasiswa juga belajar untuk menguasai kompetensi profesional guru yang meliputi kompetensi paedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-23

How to Cite

Asdiqoh, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Salatiga. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 18–37. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.23