Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.23Keywords:
Kemampuan Mengajar, Kualifikasi Profesional, Kompetensi GuruAbstract
Guru merupakan salah satu unsur dalam proses belajar mengajar yang harus berperan aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tugas profesional sesuai dengan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, guru memerlukan syarat-syarat tertentu yang dapat diklasifikasikan menjadi persyaratan administratif, persyaratan teknis, dan persyaratan kepribadian. Guru dituntut adanya kualifikasi kemampuan yang memadai. Secara garis besar ada tiga tingkatan kualifikasi profesional guru sebagai tenaga profesional pendidikan yaitu capable personal, guru sebagai inovator, dan guru sebagai developer. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga, kegiatan microteaching sebagai latihan mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa dan diharapkan akan tumbuh suatu kebiasaan tingkah laku yang baik dalam diri mahasiswa calon guru. Melalui microteaching, mahasiswa juga belajar untuk menguasai kompetensi profesional guru yang meliputi kompetensi paedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License