Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin T.A. 2016/2017

Authors

  • Boharudin Boharudin STAI Auliaurasyidin Tembilahan
  • Dina Liana STAI Auliaurasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.22

Keywords:

Penyesuaian Diri, Prestasi Belajar

Abstract

Belajar di perguruan tinggi melibatkan proses yang lebih kompleks, mulai dari sistem perkuliahan, cara belajar, dan tugas-tugas perkuliahan, yang menuntut mahasiswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan pola kehidupan belajar di perguruan tinggi, terutama mahasiswa tahun pertama, yang berada pada periode transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi. Kesuksesan mahasiswa dalam belajar di perguruan tinggi banyak dipengaruhi oleh berbagai factor, salah satunya adalah penyesuaian diri. Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan pola belajar di perguruan tinggi diduga berpengaruh terhadap perolehan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar 2) tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa, 3) hubungan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar, 4) perbedaan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar berdasarkan aspek jenis kelamin.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan jumlah sampel sebanyak 171 orang, yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik korelasi Pearson, dan tujuan penelitian keempat dianalis dengan teknik uji beda (t-tes) . Temuan penelitian ini: 1) secara umum penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar berada pada katagori sedang, 2) secara umum prestasi belajar mahasiswa berada pada katagori sedang, 3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar dengan nila rxy 0,541, 4) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri dalam belajar berdasarkan jenis kelamin, dimana penyesuaian diri mahasiswa wanita lebih tinggi dibanding penyesuaian diri mahasiswa pria.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-23

How to Cite

Boharudin, B., & Liana, D. (2019). Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin T.A. 2016/2017. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.22