Pelaksanaan Metode Pembelajaran Picture And Picture Oleh Guru Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka

  • Nurlianti Nurlianti STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Martina Napratilora STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Keywords: Pelaksanaan, Picture and Picture

Abstract

Penggunaan metode dalam pembelajaran Fikih sangat diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran, oleh sebab itu, guru perlu menggunakan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tidak cepat bosan, dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai. Salah satu metode yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah metode pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran Picture and Picture oleh guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang TIga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka dan faktor yang mendukung dan menghambatnya..Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran Picture and Picture oleh guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang TIga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka diperoleh persentase sebesar 67% yang dikategorikan “Baik” karena berada pada interval 61%-80% dengan faktor yang mendukungnya sikap mental guru yang menginginkan kemudahan bagi siswa menerima materi ajar sehingga menggunakan alat bantu berupa gambar contoh, ketersediaan alat peraga atau media pembelajaran yang memadai di madrasah, ketersediaan buku referensi di perpustakaan sehingga memudahkan guru dan siswa mencari materi pelajaran dan faktor penghambatnya adalah guru kadang-kadang kesulitan dalam menghadapi perbedaan dari siswa, guru kadang-kadang kesulitan dalam menentukan gambar yang cocok/sesuai dengan materi ajar, guru kadang-kadang kesulitan mengatur waktu dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief S. Sadiman. dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2007. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo Lestari.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Pekanbaru: Suska Press.

Junaedi. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Surabaya: LAPIS PGMI.

Lexy J. Meolong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masnur Muslich. 2008. KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Moh. Sholeh Hamid. 2014. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press.

Muhammad Hidayat. Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Nomor 23 Tahun 2010 Universitas Negeri Semarang.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penlitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Robert E. Slavin. 2005. Cooperatifve Learning. Teori. Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Published
2020-01-25
How to Cite
NurliantiN., & NapratiloraM. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Picture And Picture Oleh Guru Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 38-49. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.94