Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130Keywords:
Pendekatan Komunikatif, Keterampilan BerbicaraAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V. A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik dalam pengumpulan data dari hasil Tes, observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian dari analisis data bahwa pada Ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra siklus hanya 8 orang(38,09%) yang tuntas, pada siklus I meningkat 14 orang(66,67%) yang tuntas dan pada siklus II meningkat hingga 21 orang (100%) dengan kategori sangat baik, dari data tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu Meningkat.
Downloads
References
Ahmad D. Marimba, 2002, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.
Anas Sugdijono, 2008, Statistik Pendidikan , Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daeng Nurjamal dan Warta Sumirat, 2010, penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia, Bandung : Alfabeta.
E. Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
http:/ /jason walke rpanggabean .blogspot.com/ 2013 /09/makalah - pendekatan-komunikatif.html, diakses tanggal 10 Maret 2015
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2009, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur Mustafa dkk, 2006, Berbicara, Pekan Baru: Cendikia Insani..
Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alpabeta.
Slameto, 2013, Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.
Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pusta Setia.
Sugiyono 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Zakiah Daradjat, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mariza Mariza, Mardiah Mardiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License