Hubungan Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.93Keywords:
Pengelolaan Kelas, Kegiatan Belajar, MengajarAbstract
Masalah pokok yang dihadapi guru, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah masalah pengelolaan kelas, yang merupakan aspek yang sering didiskusikan oleh para pengajar. Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa, sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan setelah surat riset dikeluarkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan. Objek dalam penelitian ini adalah hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari observasi yang penulis lakukan, maka penulis menemukan ada hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan ada hubungannya ini terlihat dari hasil akhir yang penulis temukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 3,41 > 1,812 maka Ho ditolak, artinya ada hubungan.
Downloads
References
Didi Supriadie, dkk. (2009). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamid Darmadi. (2009). Kemampuan Mengajar Landasan Konsep dan Impelementasi. Bandung: AlFebeta.
Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Selemba Humanika.
Hasan Alwi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Isjoni. (2003). Evaluasi Belajar Mengajar. Pekanbaru: UNRI Press.
Isjoni. (2005). Citra Guru Antara Tuntutan dan Pengabdian. Pekanbaru: UNRI Press.
Kasful Anwar Us. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.
Lexy .J. Moleong. (2000). Meteodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moh. Uzer Usman. (2005).Menjadi Guru Profesional. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhammad Ali. (2008). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
M. Syafi’i. S. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Pekanbaru.
Ngalim Purwanto. (2008). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2003). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlFabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulchan Yasyin. (1995). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah.
Suyono, dkk. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Reneka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nia Pratiwi, Mardiah Mardiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License