Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading

  • Martina Napratilora STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Hendro Lisa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Indra Bangsawan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Keywords: Pengajaran, Media, Whatsapp

Abstract

Dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran dan pengajaran, para pendidik tentunya tidak asing lagi dengan penggunaan berbagai media pembelajaran dalam pembelajarannya seperti media audio dan visual atau menggunakan cards, kertas karton, stik, maupun gambar. Saat ini dunia lagi dilanda musibah yang mengakibatkan ssemua lapisan masyarakat harus terkena social distancing. Demikian juga dengan dunia pendidikan. Para siswa tidak diperbolehkan melakukan pendidikan di sekolah demi terhidar dari covid-19 atau menekan penyebaran covid-19. Agar  pendidikan tetap bias dilakukan maka pemerintah menganjurkan para pendidik untuk melaukan pengajaran secara daring menggunakan technology. Technology yang terus berkembang mengakibatkan bermunculannya aplikasi-aplikasi yang bias digunakan dengan smart phone seperti ruang guru, zoom, google meet, whatsapp, facebook dan yang lainnya. Diantara semua aplikasi tersebut whatsapp adalah aplikasi  yang terpopuler dan mudah digunakan. Melalui whatsapp kita bisa mengirim foto, audio, dokumen, video bukan hanya secara individu namun bias juga dilakukan secara group dengan berbagai kemudahan  yang tersedia difitur whatsapp maka sangat layaklah para pendidik dan siswa menggunakan whatsapp sebagai salah satu media pembelajaran apalagi dimasa covid-19 ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alderman, S. (2017). 5 Ways to Use WhatsApp in the ELT Classroom. Pearson English. Retrieved July 10, 2018, from https://www.english.com/blog/5-ways-use-whatsapp-elt-classroom/

Biancarosa, G., & Griffiths, G. G. (2012). Technology Tools to Support Reading in the Digital Age. Future of Children, 22(2), 139–160.

Bouhnik, D., & Deshen, M. (2014). WhatsApp Goes to School: Mobile Instant Messaging between Teachers and Students. Journal of Information Technology Education: Research, 13, 217–231.

D’Eca, T. A. (2003). The Use of Chat in EFL/ESL. Retrieved July 9, 2018, from http://www.tesl-ej.org/wordpress/issues/volume7/ej25/ej25int/

George, M. S. (2018). Developing Listening and Reading Skills through Social Media using Apps. Literary Studies, III(i), 93–101.

Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika, 3(1), 51–66.

Justina, M. (2016). Use of Whatsapp to Enhance Reading and Writing Skills at Undergraduate College Level. Language in India, 16(11), 47–60.

Kheryadi. (2017). The Implementation of “Whatsapp” as A Media of English Language Teaching. LOQUEN, 10(2), 1–14.

Khusaini, Suyudi, A., Winarto, & Sugiyanto. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. JRKPF UAD, 4(1), 1–7.

Linse, C., & Nunan, D. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners.

M, M., & Kanchana, K. (2016). A Study on Developing Reading Skills of Engineering Students through WhatsApp as Motivational Strategy. International journal of english research, 2(3), 1–4.

Pyrhonen, H. (2018). Reading Today: Comparative Literature and Culture. In H. Pyrhonen & J. Kantola (Eds.), New Perspectives on Reading: An Introduction (pp. 1–199). London: UCL Press.

Santrossa, C., & Castillo, J. (2017). No Title. Learning Technologies Special Interest Group. Retrieved July 10, 2018, from https://ltsig.iatefl.org/whats-up-in-the-classroom-whatsapp/

Scanlon, D. M., Anderson, K. L., & Sweeney, J. M. (2010). Early Intervention for Reading Difficulties: The Interactive Strategies Approach. New York: The Guilfrd Press.

Snow, C. E. (2002). Reading for Understanding: Toward an R&D Program in Reading Comprehension. New York: Rand.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.

Published
2020-07-09
How to Cite
NapratiloraM., LisaH., & BangsawanI. (2020). Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 116-125. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.129