Teknik dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.20Keywords:
Tekhnik, Instrumen Assessmen, Ranah Kognitif, Pembelajaran PAIAbstract
dan Instrumen Asssessmen Ranah Kognitif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja jenjang atau tingkatan yang ada dalam ranah kognitif, langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian ranah kognitif, dan macam-macam teknik yang dapat digunakan dalam penilaian ranah kognitif. Menurut taxonomy bloom Ranah kognitif terdiri dari enam jenjang yaitu, pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Kemudian, oleh anderson dan krathwohl taxonomy bloom tersebut direvisi sehingga jenjang pengetahuan dibagi menjadi dua dimensi, yaitu dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Dimensi pengetahuan terdiri dari pengetahuan faktual, pengentahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan meta-kognitif. Dimensi proses kognitif terdiri dari mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan. Langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian kognitif terdiri dari, penilaian kognitif terdiri dari dua bentuk, yaitu tes dan nontes. Teknik penilaian kognitif dengan tes terdiri item tes pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, benar-salah, dan uraian.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License