Pendampingan Supervisi Guru di Madrasah Aliyah DDI Benteng
Keywords:
Supervisi, GuruAbstract
Supervisi guru adalah usaha menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun kolektif sebagai bentuk layanan profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga kependidikan, Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru melalui supervisi di Madrasah Aliyah DDI Benteng Kecamatan Sungai Batang. Hasil pengabdian menunjukkan pelaksanaan supervisi guru di Madrasah Aliyah DDI Benteng Kecamatan Sungai Batang meliputi tiga tahap yaitu; tahap persiapan yang meliputi penyusunan program dan penyiapan instrumen, tahap pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan secara langsung dan tidak langsung, dan yang terakhir tahap pelaporan rekomendasi. pelaksanaan supervise guru oleh supervisor di MA DDI Benteng sudah baik, hal ini mengacu pada beberapa fakta yang ada di dalam keseluruhan proses yang telah dilalui oleh supervisor dalam melakukan kegiatan supervisi guru di MA DDI Benteng, begitu juga Profesionalisme guru di MA DDI Benteng sudah cukup baik, hal ini mengacu pada penggunaan RPP dalam mengadakan KBM di kelas, penguasaan materi yang baik, penggunaan metode pembelajaran yang variatif seperti metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode diskusi.
Downloads
References
Atiek Sismiati, Rugaiyah, (2011) Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia Indonesia.
Bafadal, Ibrahim,(2009) Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri,(2005) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Isjoni, (2009) Guru Sebagai Motivator Perubahan, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Kunandar,( 2010) Guru Pofesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
UU RI No. 22/ 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, Jakarta: PT Sekala Jalma Karya, Cet. I, 2003.
Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License