Pendampingan Supervisi Guru di Madrasah Aliyah DDI Benteng

Authors

  • Ahmad Ahmad Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri

Keywords:

Supervisi, Guru

Abstract

Supervisi     guru     adalah     usaha     menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun kolektif sebagai bentuk layanan profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga kependidikan, Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru melalui supervisi di Madrasah Aliyah DDI Benteng Kecamatan Sungai Batang. Hasil pengabdian menunjukkan pelaksanaan supervisi guru di Madrasah Aliyah DDI Benteng Kecamatan Sungai Batang  meliputi tiga tahap yaitu; tahap persiapan   yang   meliputi   penyusunan   program   dan   penyiapan instrumen, tahap pelaksanaan   yang terdiri dari pelaksanaan secara langsung dan tidak langsung, dan yang terakhir tahap pelaporan rekomendasi. pelaksanaan supervise guru oleh supervisor di MA DDI Benteng sudah baik, hal ini mengacu pada beberapa fakta  yang ada di dalam keseluruhan proses yang telah dilalui oleh supervisor dalam melakukan kegiatan supervisi guru di MA DDI Benteng,  begitu juga Profesionalisme guru di MA DDI Benteng sudah  cukup  baik,  hal  ini mengacu pada penggunaan  RPP dalam mengadakan KBM di kelas, penguasaan materi yang baik, penggunaan metode pembelajaran yang variatif seperti metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Muhith, Bahar Agus Setiawan, (2013). Transformational Leadership, Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Atiek Sismiati, Rugaiyah, (2011) Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia Indonesia.
Bafadal, Ibrahim,(2009) Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri,(2005) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Isjoni, (2009) Guru Sebagai Motivator Perubahan, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Kunandar,( 2010) Guru Pofesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
UU RI No. 22/ 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, Jakarta: PT Sekala Jalma Karya, Cet. I, 2003.
Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007

Published

2020-01-21

How to Cite

Ahmad, A. (2020). Pendampingan Supervisi Guru di Madrasah Aliyah DDI Benteng. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(01), 27–34. Retrieved from https://ejournal.stai-tbh.ac.id/abdimasy/article/view/139