Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.132Keywords:
Manjemen, Kelas, Pendidikan DasarAbstract
Guru adalah sebuah profesi. Profesionalitas guru tentunya sangat terkait denganmanajemen kerja guru dalam membuat perencanaan, yang kemudian mengaplikasikanya dengan mengajar dikelas,pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswa, inti dari pengelolaan kelas adalah menyeimbankan pengelolaan siswa dan pengelolan fasilitas.
Downloads
References
Ali Rohmad,Jurnal ilmiah Tarbiyah,Inovasi pengelolaan kelas dalam mengacu kedinamisan pembelajaran , Malang Universitas Negeri Malang
Djamarah, SyaifulBahri. 2015, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta,Rineka Cipta E.
Hasri, Salfenn 2011, Sekolah Efektif dan Guru Efektif.Yogyakarta, Aditya Media Printing and Publising.
Imam Gunawan 2019,Manajemen Kelas tiori dan aplikasinya Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Made Pidarta, Pengelolaan Kelas Surabaya, Usaha Nasional
Mudasir 2011, Manajemen Kelas. Yogyakarta, Zanafa Publishing.
Muhaimin 2002, Paradigma Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Muljani A. Nurhadi, Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta, Andi Offset. Rajawali Press.
Mulyasa 2005, Menjadi Guru Profesional Bandung, Rosda Karya
Sudirman 2000, Ilmu Pendidikan , Bandung: Remaja Rosda Karya
Suryosubroto 2007,Manajemen Sekolah Dasar.Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY.
SyaifulBahri2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta
Syaifurahman 2013, Manajemen dalam Pembelajaran Jakarta:, PT. Indeks.
Udin S. Winataputra 2013,Strategi belajar mengajar (Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Penddidikan Nasiona
Wijaya, Cece dan Rusyan, A. Tabrani 2000. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar , Bandung, Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Masriani Masriani, Istikomah Istikomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License