Hubungan Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan

Authors

  • Nia Pratiwi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Mardiah Mardiah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.93

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Kegiatan Belajar, Mengajar

Abstract

Masalah pokok yang dihadapi guru, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah masalah pengelolaan kelas, yang merupakan aspek yang sering didiskusikan oleh para pengajar. Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa, sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan setelah surat riset dikeluarkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan. Objek dalam penelitian ini adalah hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari observasi yang penulis lakukan, maka penulis menemukan  ada hubungan pelaksanaan pengelolaan kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan ada hubungannya ini terlihat dari hasil akhir yang penulis temukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 3,41 > 1,812 maka Ho ditolak, artinya ada hubungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Didi Supriadie, dkk. (2009). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid Darmadi. (2009). Kemampuan Mengajar Landasan Konsep dan Impelementasi. Bandung: AlFebeta.

Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Selemba Humanika.

Hasan Alwi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Isjoni. (2003). Evaluasi Belajar Mengajar. Pekanbaru: UNRI Press.

Isjoni. (2005). Citra Guru Antara Tuntutan dan Pengabdian. Pekanbaru: UNRI Press.

Kasful Anwar Us. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.

Lexy .J. Moleong. (2000). Meteodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman. (2005).Menjadi Guru Profesional. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhammad Ali. (2008). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

M. Syafi’i. S. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Pekanbaru.

Ngalim Purwanto. (2008). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2003). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlFabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulchan Yasyin. (1995). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah.

Suyono, dkk. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Pratiwi, N., & Mardiah, M. (2020). Hubungan Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 28–37. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.93