Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik

Authors

  • Dina Liana STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Keywords:

Berpikir, Kritis, Pendekatan, Saintifik

Abstract

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalaui tahapan-tahapan mengamati (mengidentifikasi/menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang diolah menggunakan teknik kualitatif didapat dari hasil wawancara, rekaman video dan catatan lapangan, analisis kualitatif terdiri dari 3 alur kegiatan yang terjadi bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dapat disimpulkan bahawa tahapan-tahapan pendekatan saintifik dapat melatih dan mengembangkan berbagai skill se­perti keterampilan berpikir kritis (critical thinking skill), keterampilan berkomunikasi (communica­tion skill), keterampilan melakukan kerja sama dan penyelidikan (research and collaboration skill) dan perilaku berkarakter, sehingga pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat melatih siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pendekatan saintifik dapat menunjang ketercapaian tujuan kurikulum yaitu membentuk generasi yang berpendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Machin, A. 2014. “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 3 (1): 31.

Majid, A dan C. Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Rossana, D. 2014. Pendekatan Saintifik Dalam Pemebelajaran IPA Secara Terpadu. Seminar Nasional Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahbana, A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mamtematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning”. Jurnal Edumatica volume 02 nomor 01, april 2012. ISSN: 2088-2157.

Usman, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92